Wah bakal ada penampilan juara paduan suara grand prix Eropa nih

Latihan Pagelaran Sabang Merauke © 2022 brilio.net Instagram @bataviamadrigalsingers

Selain pembaruan di sisi koreografi, pementasan kali ini juga diperkaya penampilan paduan suara Batavia Madrigal Singers. Juara European Grand Prix for Choral Singing 2022 ini terlibat di delapan lagu daerah dan nasional yang akan menambah kemegahan musikalitas Pagelaran Sabang Merauke. Demi menyuguhkan performa terbaiknya, para anggota Batavia Madrigal Singers sudah berlatih dari awal Oktober di Jakarta.

Pagelaran Sabang Merauke mengusung konsep live performance yang akan menyajikan 22 lagu yang berisikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional dan dirangkai secara harmonis.

“Kalau dilihat dari dua pertunjukan sebelumnya, konsep Pagelaran Sabang Merauke ini sangat menarik karena memadukan lagu daerah dari Sabang sampai Merauke lengkap dengan tari-tariannya menjadi sebuah kesatuan dan merepresentasikan nilai-nilai kebinekaan bangsa,” ucap Aksa Syadri, Koordinator Batavia Madrigal Singers.

Beberapa nomor lagu daerah yang akan diperkuat dengan kemegahan suara Batavia Madrigal Singers diantaranya ialah Sik-Sik Sibatumanikam (Sumatera Utara), Gendhing Sriwijaya (Sumatera Selatan), Ondel-Ondel (Jakarta), Janger (Bali), Sipatokaan (Sulawesi Utara), dan Yamko Rambe Yamko (Papua).

Tak hanya menyuguhkan suara emas mereka, Batavia Madrigal Singers juga akan menampilkan berbagai koreografi yang akan sangat menarik untuk disaksikan. Aksa mengatakan, bernyanyi sambil menari inilah yang menjadi tantangan bagi 16 anggota paduan suara yang merupakan bagian dari The Resonanz Music tersebut.

Tambah seru dengan penampilan Swain Mahisa

Latihan Pagelaran Sabang Merauke © 2022 brilio.net Instagram @swainmahisa

Sisi musikalitas juga akan dimeriahkan kehadiran musisi muda Swain Mahisa. Pelantun lagu Jantung ini akan menambah keindahan harmonisasi vokal dari lima penyanyi lain, Kikan Namara, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo dan Alsant Nababan. Swain rencananya akan melantunkan empat lagu, yakni Sipatokaan, Rasa Sayange, Yamko Rambe Yamko, dan Tanah Airku.

“Ini adalah pengalaman pertama saya tampil dengan 144 lebih penari. Yang menjadi tantangan nanti bagaimana saya dan para pelaku seni lainnya bisa tampil dengan satu kesatuan, musik dan tari-tarian,” kata Swain.

Pagelaran Sabang Merauke akan diselenggarakan sebanyak empat kali pementasan selama dua hari di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Selain dapat menikmati seni pertunjukan di panggung utama, para pengunjung juga akan diajak menyelami keragaman budaya Nusantara melalui cultural fair yang berlangsung di luar area pertunjukan, pameran lukisan serta live painting yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya itu, tak kalah penting juga akan ada festival UMKM pilihan untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa. Festival UMKM ini melibatkan 39 UKM #banggalokal binaan BCA.