Brilio.net - Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen yang harus kamu siapkan untuk melamar pekerjaan. Walau terkesan sepele dan tidak terlalu penting, namun sebenarnya surat lamaran kerja punya peran yang tak kalah penting dari dokumen-dokumen persyaratan lainnya.

Merujuk dari The Balance Careers, surat lamaran kerja menjadi dokumen yang biasanya dilampirkan bersama dengan curriculum vitae atau resume saat kamu melamar pekerjaan ke suatu perusahaan. Dapat dikatakan, surat lamaran kerja ini sebagai tanda pengenalan awal pelamar kerja kepada para recruiter.

Tujuannya untuk melihat bagaimana motivasi maupun ketertarikan pada bidang pekerjaan yang kamu lamar. Baik atau buruknya suatu surat lamaran kerja ini bisa menentukan apakah kamu dapat lolos pada tahap selanjutnya atau tidak. Nah, agar surat lamaran kamu diterima oleh perekrut (HRD), kamu bisa menyusun surat lamaran kerja dengan struktur yang baik.

Misalnya diberi keterangan awal identitas diri, salam pembuka, posisi yang dilamar, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menceritakan apa saja motivasi, bakat, minat, dan apa saja kontribusi yang bisa kamu lakukan di perusahaan apabila diterima di perusahaan tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan fungsi surat lamaran kerja, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (24/7).