Brilio.net - Ismedi atau sering dikenal dengan nama Easting Medi merupakan seorang seniman lukis asal Borobudur, Magelang. Nama Easting Medi sendiri merupakan nama panggung yang diberikan oleh sebuah galeri yang memiliki kepanjangan Ismedi Tingal Wetan. Nama tersebut tercipta karena para pembeli lukisannya yang kebanyakan dari luar negeri susah mengucapkan nama aslinya, sehingga dibuatlah nama panggung tersebut.

Ismedi sendiri mengawali kariernya sejak SMP dengan menjadi penjual kaca lukis yang ia jual di sekitar Candi Borobudur. Dari situlah kecintaannya dengan dunia seni lukis semakin membara. Dari mulai perlombaan tingkat daerah hingga nasional pun pernah ia ikuti, tak heran jika dirinya memiliki berbagai macam penghargaan. Setelah menekuni dunia lukis Ismedi juga pernah menekuni dunia kerajinan keramik, namun pada tahun 2013 Ismedi memutuskan untuk lebih fokus menekuni dunia seni lukis, terutama lukisan kepala budha.

Bukan pelukis namanya jika tidak bisa menuangkan imajinasinya kedalam sebuah lukisan dengan berbagai macam objek. Semakin rumit objeknya, semakin tertantang pula mereka untuk mewujudkan objeknya menjadi sebuah karya lukis. Sebuah lukisan sendiri tidak hanya menuangkan sebuah objek ke dalam kanvas saja, namun juga harus memiliki filosofi yang kuat terhadap sebuah lukisannya. Salah satunya saat menentukan warna apa saja yang akan ia gunakan untuk melukis. Hal itu tentu akan banyak di presentasikan kepada para pembelinya di studionya maupun di pameran-pameran yang ia ikuti.

Pria 46 tahun tersebut terkenal sebagai spesialis pelukis kepala Budha yang sering ia tampilkan di berbagai pameran. Setelah sekian banyak mengikuti pameran dan mempromosikan lewat media sosial, pada tahun 2013-an hasil lukisannya banyak dibeli oleh para pecinta lukisan dari berbagai dunia. "Kebanyakan para pembeli lukisan saya itu berasal dari mancanegara, mulai dari Australia, Jepang, hingga Amerika" ujar Ismedi saat ditemui di studio seni miliknya di Dusun Tingal Wetan RT 04/RW 02 Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur.

Spesialis seniman kepala Budha.

Easting Medi seniman Borobudur © 2022 brilio.net

Easting Medi seniman Borobudur
© 2022 brilio.net/Muhammad Reza Ariski

Dari berbagai macam objek lukis yang pernah ia gambar, Ismedi mengaku memiliki kedekatan tersendiri saat melukis dengan objek kepala budha." Setiap saya lihat wajah patung budha itu, saya selalu melihat kelembutan dari wajahnya. Padahal patung budha tersebut terbuat dari batu, namun yang saya lihat itu hanya kelembutan saja" ujar Ismedi. Selain itu patung budha yang banyak terdapat di Candi Borobudur juga memiliki kenangan tersendiri dengan masa lalu Ismedi. " Pada saat saya kecil, setiap lebaran itu kita sekeluarga selalu naik ke Candi Borobudur. Dan pada saat itu masyarakat sekitar juga memiliki kebiasaan yang sama sepertinya. Sehingga dari situlah saya melukis kepala Budha ini karena menggambarkan romantika masa kecil yang sudah tidak dapat saya temukan." imbuh Ismedi.

Patung kepala Sidharta Gautama atau Buddha Gautama itu sendiri setelah Ismedi telusuri memiliki cerita yang sangat unik, lantaran sosok tersebut yang dulu sering bersemedi dibawah pohon yang bernama Pohon Bodhi. Maka dari itu yang membuat Ismedi menyandingkan daun Bodhi dengan kepala Buddha dalam lukisannya. Selain itu, pemilihan objek kepala Budha ini juga sebagai bentuk rasa toleransi umat beragama di Magelang.