Brilio.net - Bukan rahasia lagi jika saat ini video pendek menjadi salah satu konten yang cukup digemari anak-anak muda. Lewat konten tersebut mereka bisa mengekspresikan kreativitas hingga berbagi informasi, salah satunya dengan memanfaatkan platform media sosial berbagi video pendek seperti SnackVideo. 

Apalagi platform besutan Kuaishou Technology ini terus mendorong dan mendukung masyarakat Indonesia, khususnya para kreator konten, untuk bersemangat membuat karya video pendek yang kreatif, otentik, dan berkualitas. Buktinya, SnackVideo mengundang ratusan orang kreator konten untuk mengikuti Creators Camp, yang merupakan acara bertemunya SnackVideo bersama para konten kreatornya yang digelar hari ini di Jakarta.

Dalam kegiatan ini para kreator SnackVideo saling bertukar ilmu tentang cara membuat konten video pendek yang baik dan menarik. Selain itu, camp ini diisi praktik dan tutorial dari para kreator ahli, serta pemberian penghargaan dari SnackVideo kepada para kreator yang telah berkarya dengan gemilang.

”Kami memberikan ruang yang aman dan positif bagi para pengguna dan kreator konten untuk berbagi konten kreatif dan berkualitas, sehingga tak hanya menghibur dan menyenangkan,tapi juga edukatif dan informative,” ujar Heads of Operations SnackVideo Indonesi, Yugo Prabowo dalam acara SnackVide Creators Camp, di Jakarta, , Jumat (14/10/2022).     

SnackVideo Camp © 2022 brilio.net

Octaviane Kalalo pemilik akun @OjolNgangenin, seorang kreator konten top berbagi pengalamannya tentang pembuatan konten video pendek SnackVideo, mulai dari pencarian ide, produksinya, serta berbagai tantangan yang dihadapi. Ia juga berbagi tips pembuatan konten yang menarik untuk para kreator konten pemula.

“Karena saya mengkhususkan kategori konten saya dengan komedi, jadi saya menggali potensi dan ide dari sekitar saya. Namun ide kreatif dapat datang dari mana saja dan siapa saja, yang penting kita harus tahu terlebih dulu apa yang ingin kita sampaikan pada konten yang akan dibuat itu. Cari tahu apa yang diinginkan audiensmu dan pastikan konten yang dibuat itu tidak meniru dan otentik. Di SnackVideo juga banyak fitur-fitur yang bisa digunakan untuk menunjang penampilan dan kemasan konten menjadi lebih menarik dan menghibur,” terang Octavia. 

Konten-konten video pendek berkualitas yang dimaksudkan di sini tidaklah harus bombastis, karena konten yang sederhana pun bisa menarik perhatian pengguna SnackVideo untuk menontonnya, selama konten yang disampaikan itu unik, otentik, menghibur, serta edukatif dan informatif. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah ide konten video pendek sebaiknya juga sesuai dengan budaya Indonesia sehingga bisa dekat dengan masyarakat. Ini sesuai dengan prinsip SnackVideo yang menerapkan inklusivitas sehingga semua orang dapat menikmati dan berbagi konten video pendek lewat platform ini.

SnackVideo Camp © 2022 brilio.net

Nah untuk memastikan agar konten tak tersandung masalah, para konten kreator diminta mematuhi aturan berupa Community Guidelines dari SnackVideo, seperti tidak melanggar kekayaan intelektual serta data pribadi, menghindari unsur kekerasan atau menghasut pada kekerasan, maupun aktivitas seksual. Lalu hindari ujaran kebencian, pelecehan, dan perundungan; serta menjauhi konten-konten yang tidak pantas.

“Konten berkualitas akan membawa keuntungan sendiri bagi para kreator konten. Selain kreativitas kreator bertambah, semakin banyak pula orang yang menonton konten video pendek mereka akan memberi reward yang lebih besar sehingga mereka bisa mendatangkan keuntungan. Dengan begitu, dapat membantu mereka semakin berkembang sebagai seorang kreator konten, dan kualitas hidup mereka pun naik,” kata Ma Da, General Manager of Southeast Asia dari Kuaishou Technology.