Brilio.net - Keberhasilan pendidikan di suatu negara, bukan hanya karena pengajar dan kurikulum yang disusun dengan cermat, tetapi juga ada kontribusi nyata dari sukarelawan di sekolah, meskipun tidak semua sekolah memiliki sukarelawan.

Para sukarelawan di sekolah memiliki peran penting bagi dunia pendidikan, sebab mereka membantu dan memberikan pengalaman bagi siswa yang melihat dan ikut terjun langsung menjadi bagian dari sukarelawan di sekolah.

Semua pengalaman yang dimiliki para sukarelawan di sekolah dapat memberi beberapa dampak positif bagi siswa dan sekolah. Contohnya seperti membentuk komunitas belajar yang berdaya, memperkaya pengalaman pendidikan dan mempersiapkan generasi mendatang untuk tantangan dunia yang semakin kompleks.

Selain itu, contoh sukarelawan di sekolah sangat beragam seperti menjadi sukarelawan untuk kegiatan sosial, kegiatan penanaman pohon, belajar mengajar untuk anak jalanan, atau hanya sekadar menyumbangkan buku. Dengan begitu, siswa dan guru bebas untuk memilih menjadi sukarelawan pada bidang yang mereka inginkan.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (27/2), berikut ini contoh sukarelawan di sekolah, lengkap dengan pengertian dan manfaatnya bagi dunia pendidikan.