Brilio.net - Dalam upaya perbaikan tingkat pendidikan dalam negeri agar lebih berkualitas dan merata, pemerintah pusat yang diwakili oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) telah meluncurkan suatu program pada 2015 lalu. Program tersebut bernama Program Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak tersebut bertujuan untuk memperbaiki kualitas kegiatan belajar mengajar di sekolah, agar para murid dan guru bisa lebih mendapatkan benefit yang lebih maksimal.

Implikasi dari Program Sekolah Penggerak di berbagai tingkat pendidikan mampu mendorong peningkatan kualitas pendidikan secara lebih efisien dan positif. Program ini dapat menjadi jalan alternatif di tengah berbagai hambatan yang sering kali melanda dunia pendidikan Indonesia. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai contoh Program Sekolah Penggerak, beserta pengertian dan lain-lainnya, bisa kamu simak informasi dibawah ini.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut contoh Program Sekolah Penggerak, lengkap dengan pengertian, manfaat, dan tujuannya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (16/4).

Pengertian Program Sekolah Penggerak

Contoh program sekolah penggerak © 2024 berbagai sumber

foto: freepik.com

Dilansir dari website kemdikbud.ristek, Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya.

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri maupun swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program tersebut dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi program sekolah penggerak.

Selain itu, Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Untuk penyebaran sekolah yang sudah mulai menerapkan program sekolah penggerak, jumlahnya telah mencapai 14.219 sekolah di Indonesia.