Brilio.net - Setiap orang tua, keluarga, dan masyarakat wajib membimbing anak-anak dalam memahami dan mempraktikkan nilai-nilai kehidupan seperti kewajibannya di lingkungan masyarakat. Dengan membangun dasar-dasar kewajiban anak sejak dini, anak-anak dapat tumbuh menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab, peduli, dan berperan aktif dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Salah satu kewajiban anak di lingkungan masyarakat adalah menghormati orang tua dan lansia. Anak-anak harus belajar untuk menghargai, mendengarkan, dan mematuhi nasihat orang tua mereka. Hal ini mencakup menghormati nilai-nilai dan kebiasaan keluarga, berperilaku sopan, dan berbakti kepada orang tua dalam segala aspek kehidupan.

Selain itu, anak-anak juga harus memberikan perhatian dan dukungan kepada lansia di masyarakat, menjaga hubungan yang baik dengan kakek-neneknya atau orang yang lebih tua darinya, dan membantu setiap orang ketika diperlukan. Menginternalisasi nilai-nilai penghormatan terhadap orang tua maupun kepada orang lain sejak dini akan membantu anak-anak menjadi individu yang menghargai dan memperkuat ikatan keluarga dan masyarakat.

Penanaman nilai aspek kewajiban ini patut dilakukan oleh orang dewasa termasuk orang tua dan masyarakat secara umumnya kepada anak sejak dini. Nah sebagai referensi, berikut disajikan contoh kewajiban anak di lingkungan masyarakat yang harus ditanamkan sejak dini beserta manfaatnya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (20/6).