Brilio.net - Saat ini isu lingkungan hidup semakin mendapat perhatian anak-anak muda. Banyak cara mereka lakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya dengan menanam pohon. Cara ini pula yang kerap dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation lewat aksi Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) sejak 2018 silam.

Lewat gerakan ini, Bakti Lingkungan Djarum Foundation mengajak anak-anak muda lebih memiliki kepedulian lingkungan dengan cara menanam pohon. Hingga saat ini gerakan ini sudah melibatkan 2.530 Darling Squad atau generasi muda pelestari lingkungan yang tersebar di 225 kota dan kabupaten serta 300 kampus seluruh Indonesia. 

Nah untuk lebih merangsang anak-anak muda berpartisipasi menjaga lingkungan,Siap Darling, gerakan berbasis media sosial yang melibatkan partisipasi generasi muda, meluncurkan serial web berjudul Healing Trip. Ini merupakan serial web ketiga yang dibuat Siap Darling sejak 2020. Sebelumnya ada Prince Darling (Januari 2020), lalu ada juga Jumpa yang diluncurkan 10 Maret 2022 lalu.

Healing Trip © 2022 brilio.net Para pemain, sutradara dan produser Healing Trip (@yans_brilio)

Web series Healing Trip yang mengambil latar Pulau Dewata, dibintangi aktor dan aktris muda berbakat seperti Sitha Marino, Ajil Ditto, Gabriella Desta, dan Buki B. Mansyur. Rencananya serial web ini akan tayang secara eksklusif mulai 16 Oktober 2022 di kanal YouTube Siap Darling, dalam empat episode berdurasi 45 menit.

“Dengan tayangnya Healing Trip, kami berharap ide menanam pohon sebagai the new healing diterima lebih banyak generasi muda, yang pada akhirnya menginspirasi mereka untuk juga ikut terlibat aktif dalam berbagai aksi lingkungan, termasuk melalui platform yang sudah kami siapkan di Siap Darling,” ujar Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation Abdurrachman Aldila dalam acara pemutaran perdana Healing Trip di Kawasan SCBD, Rabu (12/10/2022).

Healing Trip bercerita tentang kisah Swara, perempuan muda yang sedang berjuang menjadi musisi, baru saja putus cinta dan memutuskan pergi ke Bali untuk membantu acara penanaman pohon teman lamanya. Namun, di tengah upayanya untuk healing, ia justru bertemu kembali dengan Piko, mantan kekasihnya yang ternyata menginap di penginapan yang sama. Berhasilkah Swara menyembuhkan luka-lukanya? Atau cinta lama justru bersemi kembali?

Healing Trip © 2022 brilio.net Shita Marino memerankan sosok Swara dalam Healing Trip (@yans_brilio) 

“Pesan yang ingin disampaikan lewat serial web ini sangat dalam. Seperti karakter Swara di cerita, saya terinspirasi bahwa untuk bisa berkontribusi ke alam, tentu kita harus melakukan aksi nyata yang konkret untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Misalnya, dengan menanam pohon secara kolektif bersama gerakan cinta lingkungan, seperti SiapDarling. Semakin banyak pohon yang kita tanam, tentu semakin semangat dan fokus juga kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari,” ungkap Shita Marino yang memerankan sosok Swara dalam serial ini.

Lewat web series garapan sutradara muda Adhyatmika dan diproduksi di Studio Antelope ini, diharapkan semakin banyak anak muda yang tergerak untuk lebih memperhatikan isu-isu lingkungan hidup meski dari tindakan yang kecil seperti menanam pohon di pekarangan rumah.