Brilio.net - Selama menempuh pendidikan di sekolah kamu pasti memiliki kesan tertentu tentang tempat yang kamu datangi setiap hari dalam beberapa semester.

Ketika lingkungan sekolah memberikan kesan positif, siswa merasa diterima, didukung, dan dihargai sebagai individu. Selain itu, saat kamu memberikan kesan dan pesan positif dapat membuat seseorang merasa termotivasi untuk belajar dan mengembangkan potensinya.

Kesan dan pesan dapat disampaikan oleh siapa saja kepada orang terdekat atau lembaga tertentu seperti sekolah. Nah untuk membuat kesan dan pesan untuk sekolah tidak terlalu sulit. Sebab akan dipaparkan contoh dalam artikel ini. Berikut Contoh kesan dan pesan untuk sekolah yang bisa kamu ikuti beserta cara membuatnya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (17/6).

Cara membuat kesan dan pesan untuk sekolah atau kegiatan lainnya.

Contoh kesan dan pesan untuk sekolah © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Tentukan tujuan.

Pertama, tentukan tujuanmu dalam membuat pesan dan kesan. Apakah kamu ingin menginspirasi, memotivasi, atau menyampaikan nilai-nilai tertentu? Pahami dengan jelas apa yang ingin kamu sampaikan kepada target audiens. Kamu bisa membuat pesan dan kesan untuk teman-temen sekelas, wali kelas, atau siapapun yang berarti di sekolah bagi mu.

2. Kenali audiensmu.

Pahami siapa target audiens kamu. Apakah pesan dan kesan kamu ditujukan untuk siswa, guru, orang tua, atau masyarakat umum? Memahami audiens akan membantumu menyesuaikan gaya, tone, dan bahasa yang digunakan. Dengan mengenali audiens/pembaca kamu lebih mudah memilih bahasa yang tepat.

3. Pakai bahasa yang menarik dan mudah dipahami.

Pilih kata-kata yang menarik, kuat, dan relevan untuk menyampaikan pesanmu. Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami, namun tetap mempertahankan esensi pesan yang ingin disampaikan. Kamu bisa menyesuaikan bahasamu yang terpenting gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti oleh setiap orang.

4. Gunakan gaya bahasa yang menginspirasi.

Gunakan gaya bahasa yang menginspirasi dan memotivasi untuk menyampaikan pesan mu. Gunakan kalimat afirmatif, membangkitkan semangat, dan mendorong tindakan positif. Bantu audiens merasakan emosi yang ingin kamu sampaikan. Misalnya kamu ingin menyampaikan rasa terima kasih dan syukur kamu kepada pihak sekolah dan teman-temanmu. Kamu bisa menggunakan kalimat yang positif dan menyentuh. Menggunakan kalimat yang positif dapat memberikan kesan baik bagi orang lain.

5. Sampaikan dengan penuh keyakinan.

Ketika menyampaikan pesan dan kesan, lakukan dengan keyakinan dan semangat. Pastikan kamu mengkomunikasikan pesan dengan jelas dan penuh kepercayaan diri. Kamu bisa ucapkan pesan dan kesan kepada orang terdekat terlebih dahulu sebelum menuliskan untuk sekolah agar menyentuh orang-orang di sekitar.