Pengertian kalimat saran atau suggestion.

contoh kalimat saran dalam bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Secara sederhana, contoh saran dalam bahasa Inggris di sekolah adalah jenis kalimat yang merangkum anjuran atau nasihat yang diberikan kepada seseorang dalam konteks pendidikan atau lingkungan sekolah. Contoh saran dalam bahasa Inggris bertujuan untuk memberikan panduan atau arahan positif kepada siswa atau individu lainnya agar dapat meningkatkan kinerja akademis, mengembangkan keterampilan, atau mencapai tujuan pendidikan yang gemilang.

Contoh saran dalam bahasa Inggris di sekolah biasanya seputar nasihat tentang cara belajar yang lebih efektif, mengelola waktu dengan baik, mengatasi kesulitan akademis, hingga memanfaatkan peluang pendidikan di sekolah. Tujuannya adalah membantu setiap orang mencapai potensi penuh mereka dalam konteks pendidikan.

Selain pengertian, kamu perlu mengetahui beberapa ciri-ciri kalimat saran dalam bahasa Inggris, di antaranya:

1. Menggunakan kata-kata yang mengandung makna saran, seperti "should", "ought to", "let's", "it's better to", "I hope/think", "recommend", "suggest", "advise", dan lain-lain.

2. Menggunakan tanda baca titik di akhir kalimat, bukan tanda seru, karena sifatnya yang tidak memaksa.

3. Terakhir, kalimat saran dalam bahasa Inggris menggunakan kata kerja bentuk pertama atau V1 setelah kata saran, kecuali untuk "let's" yang diikuti oleh V1 + ing. Misalnya, "Let's go to the library." (Ayo pergi ke perpustakaan.)

Fungsi kalimat saran di sekolah.

contoh kalimat saran dalam bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Sementara, saran dalam bahasa Inggris di sekolah memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Salah satu fungsi utama kalimat saran di sekolah adalah agar guru, siswa, atau bahkan orang tua memberikan masukan atau nasihat, atau pendapat tentang suatu hal. Tentu, nasihat tersebut harus bermakna positif bagi semua pihak. Misalnya, "You should study harder for the next exam." (Kamu harus belajar lebih giat untuk ujian berikutnya.)

2. Selain itu, kalimat saran juga berfungsi mengajak seseorang atau pembaca untuk mengambil tindakan nyata. Jadi, bisa diimplementasikan dalam kehidupan si pembaca atau pendengar saran tadi. Misalnya, "Therefore, I suggest that we should reduce the use of plastic bags and switch to reusable bags." (Oleh karena itu, saya menyarankan agar kita mengurangi penggunaan kantong plastik dan beralih ke kantong yang bisa digunakan kembali.)

3. Tidak hanya dua fungsi tersebut, salah satu fungsi penting dalam kalimat saran ialah memberikan petunjuk atau instruksi dalam teks prosedur. Misalnya, "It's better to preheat the oven before baking the cake." (Lebih baik memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang kue.)