Brilio.net - Saat di lingkungan sekolah kamu akan dipertemukan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda. Mulai dari perbedaan agama, budaya, bahasa dan berbagai hal lainnya.

Apabila kamu tidak memiliki sikap toleransi akan terjadi perpecahan oleh sebab itu penting untuk menerapkan sikap toleransi di dalam kelas. Sikap ini dapat membantu kamu hidup dengan harmonis dan kesejahteraan.

Nah sikap toleransi mengacu pada sikap yang menghormati, menerima, dan mengakui keberagaman, perbedaan, dan pandangan yang berbeda dari individu atau kelompok lain. Hal ini melibatkan kemampuan untuk menghadapi perbedaan dengan pengertian, kesabaran, dan penghargaan, tanpa mengekang atau merendahkan orang lain berdasarkan perbedaan.

Contoh bentuk sikap toleransi di dalam kelas © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Sikap toleransi mencakup penghormatan terhadap hak asasi manusia, kebebasan berpendapat, kebebasan beragama, kebebasan berekspresi, dan kebebasan individu lainnya. Ini melibatkan menerima bahwa setiap orang memiliki hak untuk hidup, berekspresi, dan mempraktikkan kepercayaan mereka dengan bebas, selama tidak melanggar hak orang lain.

Toleransi juga mencakup pengakuan bahwa perbedaan adalah hal yang alami dan tidak mengancam keberadaan atau identitas sendiri. Ini melibatkan pemahaman bahwa kamu bisa belajar dan tumbuh dari berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda dari kamu, dan bahwa keberagaman dapat memperkaya pengalaman dan perspektifmu.

Berikut contoh bentuk sikap toleransi di dalam kelas, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (3/7).