Brilio.net - Pertanyaan seputar bagaimana cara mendapatkan uang tambahan adalah pertanyaan yang sering dilontarkan berbagai kalangan, dari anak muda hingga orang dewasa. Hal ini turut menjadi perhatian para ibu-ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga adalah sosok pekerja keras yang berperan penting dalam kehidupan berkeluarga. Dari mulai menyiapkan kebutuhan suami dan anak, hingga mengatur kondisi keuangan keluarga. Dengan banyaknya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan keluarga, ibu rumah tangga harus memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan dari usaha sampingan.

Akan tetapi ada beberapa halangan yang harus dihadapi oleh para ibu rumah tangga, contohnya saja keterbatasan waktu, modal kecil, kemampuan yang terbatas, dan masih banyak lagi. Beberapa halangan itu membuat mereka mundur sebelum memulai. Perlunya support keluarga, dan keinginan yang kuat untuk berani mengambil langkah adalah hal pertama dari sekian cara mendapatkan uang tambahan bagi ibu rumah tangga.

Ternyata jika jeli mencari peluang, ibu rumah tangga pun bisa mendapatkan uang tambahan. Hanya bermodal secukupnya, bisa dilakukan dirumah, waktu kerja fleksibel, pundi-pundi rupiah bisa masuk ke kantong. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan bisnis berbasis digital, para ibu rumah tangga bisa mencoba berbagai cara untuk mencari uang tambahan, simak berbagai ide usaha menarik yang bisa ibu coba, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (23/2).

Cara mendapatkan uang tambahan bagi ibu rumah tangga.

1. Menjual barang bekas layak pakai

Cara mendapatkan uang tambahan bagi ibu rumah tangga © berbagai sumber
foto: pixabay.com

Kata siapa barang bekas sudah tidak berharga? Barang bekas di rumah ibu cuma numpuk di gudang? Aduh, rugi dong. Yuk manfaatin barang-barang bekas layak pakai untuk dijual kembali, masih banyak loh orang yang tertarik membeli barang bekas, asalkan kondisinya masih prima.

Para ibu bisa menjualnya dengan harga yang setara. Ada banyak pilihan barang bekas yang bisa dijadikan cuan, seperti rak, lemari, pakaian, hingga perkakas dapur. Selain memanfaatkan barang bekas di rumah, ibu-ibu bisa mencari barang bekas layak pakai di pasar atau toko-toko barang bekas untuk dijual kembali.

2. Membuka usaha makanan ringan atau camilan kekinian

Cara mendapatkan uang tambahan bagi ibu rumah tangga © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Salah satu cara mendapatkan uang tambahan bagi para ibu rumah tangga ialah membuka usaha makanan ringan atau camilan ringan. Selain karena hanya butuh modal kecil, ibu-ibu bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat berjualan. Semakin menarik dan kekinian makanan yang dijual, semakin banyak yang tertarik untuk mencoba khususnya anak-anak.

Beberapa ide usaha makanan atau camilan kekinian yang saat ini banyak digandrungi masyarakat, seperti risol mayo, seblak, baso aci, es kul-kul, dan masih banyak lagi. Yang perlu ibu perhatikan adalah kebersihan makanan dan bahan baku yang baik, karena kualitas yang membuat pelanggan terus berdatangan.

 

 

(mgg/Zidan Fajri)