Brilio.net - Sebuah cerita unik yang menarik perhatian global belakangan ini adalah keputusan tidak biasa dari seorang remaja asal Jerman bernama Lasse Stolley. Remaja tersebut memilih untuk tinggal, hidup, dan bekerja di dalam gerbong kereta yang sedang beroperasi. Baru berusia 17 tahun, ia memutuskan menjalani kehidupan sebagai pengembara modern, meninggalkan rumah orang tuanya dan bepergian ke seluruh penjuru negaranya.

Walaupun sebagian besar remaja berusia 17 tahun baru mulai mempertimbangkan ide untuk meninggalkan rumah orang tua mereka, Lasse Stolley telah menjalani kehidupan mandiri selama lebih dari satu setengah tahun. Yakin bahwa pendidikan formalnya telah selesai, ia berhasil meyakinkan orang tuanya untuk membiarkannya meninggalkan rumah mereka di Fockbek, Schleswig-Holstein, dan memulai petualangan uniknya dengan naik kereta pada usia 16 tahun.

Bukan hal mudah bagi Stolley untuk meyakinkan orang tuanya di awal, banyak upaya untuk meyakinkan. Sehingga mereka akhirnya setuju, dan selama satu setengah tahun terakhir, remaja Jerman ini tinggal di kereta api, bepergian ke seluruh negara asalnya, bekerja sebagai coder di siang hari, dan tidur di kereta malam di malam hari.

Kenali apa itu digital nomad © Freepik

foto: Instagram/@lassestolley

Stolley yang mengidentifikasi dirinya sebagai digital nomad, menjelaskan bahwa meskipun privasi sangat terbatas dalam tempat tinggalnya yang tidak konvensional ini, ia sangat menikmati kebebasan dan fleksibilitas yang diberikannya. Namun, ia harus mengeluarkan jumlah uang yang besar untuk hidup di kereta berjalan, kurang lebih Stolley menghabiskan uang 10.000 euro atau Rp 170 juta dalam setahun.

“Saya telah hidup di kereta sebagai digital nomad selama satu setengah tahun,” kata Stolley kepada Business Insider.

“Pada malam hari saya tidur di kereta Intercity Express (ICE) yang bergerak dan pada siang hari saya duduk di kursi, di meja dan bekerja sebagai programmer, dikelilingi oleh banyak penumpang dan penumpang lainnya. Saya bepergian dari satu ujung negara ke ujung lainnya. Saya menjelajahi seluruh Jerman,” imbuhnya.

Apa itu digital nomad?

Seperti yang telah dikatakan oleh Stolley, ia mengklaim dirinya sebagai digital nomad. Namun apa itu digital nomad? Apa yang membedakan dengan orang yang terus berpindah tempat untuk terus bertahan hidup? Untuk menjawab rasa penasaranmu tentang digital nomad yang dijalani oleh Lasse Stolley, kali ini brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber untuk membuatmu lebih mengerti apa itu digital nomad, Jumat (15/3).

Di era globalisasi dan teknologi digital yang berkembang pesat, semakin banyak orang memilih gaya hidup yang tidak konvensional. Mereka disebut sebagai "digital nomad", para pekerja yang memanfaatkan teknologi untuk bekerja dari mana saja di dunia ini. Dari kafe yang ramai hingga tepi pantai yang tenang, digital nomad mengubah lokasi menjadi kantor mereka. Fenomena ini tidak hanya mengubah cara orang bekerja, tetapi juga membuka pintu bagi petualangan dan kebebasan yang tak terbayangkan sebelumnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa digital nomad adalah seseorang yang menggunakan teknologi digital untuk bekerja secara fleksibel dan independen, sering kali melakukan pekerjaan jarak jauh (remote) dari lokasi-lokasi yang berbeda di seluruh dunia. Gaya hidup digital nomad ini memungkinkan mereka untuk bekerja dari mana saja dengan koneksi internet, biasanya menggunakan laptop atau perangkat mobile lainnya, seperti yang dilakukan oleh Lasse Stolley.