Brilio.net - BTS merupakan salah satu boyband Korea Selatan yang beranggotakan tujuh orang. Boyband yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment ini menghasilkan kurang lebih 7 album dengan album terakhir yang berjudul Map of the Soul: 7 (2020).

Selain sudah menghasilkan beberapa album, BTS juga menghasilkan beberapa penghargaan musik dan membuat nama boy band ini tidak hanya dikenal di Korea Selatan, melainkan juga meluas ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain itu, idola K-pop ini mempunyai fanbase masing-masing di setiap negara.

Oleh karena itu, apa pun yang dilakukan oleh member BTS akan berpengaruh besar dengan apa yang dilakukan oleh fanbasenya. Salah satu contoh saat salah satu member BTS membaca buku, maka para fanbase pun akan membeli dan bahkan membaca buku yang sama. Bahkan, buku Map of The Soul yang kini sudah sampai jilid ketujuh, menjadi salah satu judul album lagu BTS.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (8/9), berikut 7 buku yang dibaca oleh member BTS.

1. Map of The Soul: 7 Persona, Shadow & Ego

Buku yang dibaca member BTS berbagai sumber

foto: goodreads.com

Buku Map of The Soul yang ditulis oleh Murray Stein menjadi salah yang diadaptasi oleh member BTS menjadi judul album. Album Map of the Soul: Persona dan Map of the Soul: 7 menjadi di antara album BTS paling laris. Buku ini merupakan yang menganalisis lagu-lagu BTS dari pendekatan psikoanalisis Carl Gustav Jung. Buku ini pun laris hingga jilid ketujuh buku ini.

2. The Miracles of the Namiya General Store.

Buku yang dibaca member BTS berbagai sumber

foto: goodreads.com

The Miracles of the Namiya General Store merupakan sains fiksi Jepang ini juga sempat dibaca oleh Jin BTS. Buku yang mengisahkan tiga pemuda berandal yang melakukan pencurian dan bersembunyi di sebuah toko tak berpenghuni. Saat berada dalam toko tersebut, mereka menemukan sepucuk surat misterius yang berisi permintaan saran. Surat tersebut membawa mereka melintasi waktu dan membuat mereka berperan sebagai kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan waktu terakhirnya dengan memberi nasihat kepada orang yang membutuhkan. Kejadian tersebut berlangsung sepanjang malam dan membuat hidup mereka tak sama lagi saat fajar datang.

3. Metamorfosis, Franz Kafka.

Buku yang dibaca member BTS berbagai sumber

foto: goodreads.com

Metamorfosis menjadi salah satu buku yang dibaca RM, pimpinan member BTS. Buku yang ditulis Franz Kafka pada 1915 ini merupakan novel yang sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia. Novel ini bercerita saat Gregos Samsa mengalami transformasi aneh dan harus menghadapi akibat dari perubahan tersebut, termasuk bagaimana hal tersebut berpengaruh kepada keluarganya.

4. The Ones Who Walk Away From Omelas, Ursula K. Le Guin

Buku yang dibaca member BTS berbagai sumber

foto: goodreads.com

The Ones Who Walk Away From Omelas merupakan karya fiksi yang ditulis oleh penulis Amerika Ursula K. Le Guin pada 1973. Buku ini mengisahkan sebuah kota bernama Omelas yang tidak punya pemimpin. Walaupun tak punya pemimpin, kehidupan di Omelas tampil dengan teratur, tenteram, dan jauh dari kerusuhan. Penduduk kota tersebut digambarkan ramah senyum yang tidak pernah pudar dari wajahnya. Namun, di balik itu semua ada hal yang disembunyikan oleh para penduduk Omelas. Kisah dalam novel ini menjadi inspirasi lagu BTS yang berjudul Spring Day.

5. Kim Ji-Young Lahir tahun 1982, Cho Nam Joo

Buku yang dibaca member BTS berbagai sumber

foto: goodreads.com

Kim Ji-Young Lahir tahun 1982 merupakan kisah Kim Ji-Young, seorang ibu muda yang hidup dalam tekanan keluarganya dan keluarga suaminya. Ia harus menghadapi berbagai macam tuntutan yang dilimpahkan kepadanya, seperti harus mempunyai anak. Akibat tekanan tersebut, Kim Ji-Young mengidap depresi. Padahal, sebelum itu, ia menjalani hidup sebagai perempuan karier yang bekerja di sebuah kantor dan ia sangat mencintai profesinya tersebut. RM merekomendasikan buku ini agar dibaca banyak orang, terutama oleh fanbasenya.

6. Reinventing Your Life

Buku yang dibaca member BTS berbagai sumber

foto: goodreads.com

Reinventing Your Life ditulis oleh Jeffrey Young dan Janet S. Klosko. Mereka berdua merupakan psikolog Amerika yang menggunakan terapi kognitif dalam dunia psikologi yang membantu manusia untuk mengenali dan mengubah pola pikir negatif. Buku ini dijelaskan dengan 11 cara yang paling umum berisi tes diagnostik dan memberikan saran langkah demi langkah untuk membantu kita membebaskan diri dari jebakan, serta menciptakan kehidupan yang lebih memuaskan dan produktif. Selain itu, buku ini juga membahas banyak hal terkait pengaruh didikan orang tua, lingkungan sampai hal yang dibangun oleh diri sendiri dan menjadi sumber ketidakbahagiaan dan berujung depresi saat dewasa. Buku menjadi salah buku yang direkomendasikan Member BTS setelah Suga membawa buku ini saat syuting bangbangcon.

7. The Power of Language, hin Do Hyun dan Yoon Naru

Buku yang dibaca member BTS berbagai sumber

foto: goodreads.com

The Power of Language menjadi salah satu terlaris di Korea Selatan pada awal 2019 setelah V BTS terlihat membawa buku tersebut. Buku yang ditulis oleh Shin Do Hyun dan Yoon Naru ini sudah diterjemahkan dan diterbitkan dalam bahasa Indonesia pada April 2020. Buku ini berisi tentang bagaimana meningkatkan kecakapan berbahasa seseorang. Hadir dengan bahasa yang menarik, buku ini pun dapat menjadi panduan seseorang yang ingin memperbaiki kecakapan berbahasanya.

(brl/guf)

(brl/guf)