Brilio.net - Siapa yang sehari-hari gemar bergosip, bergunjing, ataupun ngomongin keburukan seseorang dari belakang? Jika kamu masih kerap melakukan berbagai aktivitas tersebut, sudah selayaknya kamu hentikan, karena seluruhnya termasuk ke dalam aktivitas ghibah. Dalam agama Islam, seluruh hal yang berkaitan dengan ghibah telah dilarang untuk dilakukan.

Hal itu disebabkan karena ghibah dapat berdampak buruk bagi sosial. Kegiatan ghibah juga melanggar norma-norma dan budaya di Indonesia. Selain itu, dalam kitab suci Al-Quran, Allah SWT telah melarang umat Islam melakukan ghibah. Bahkan barang siapa yang dengan sengaja berbicara tentang keburukan orang lain, akan mendapatkan balasan dosa.

Berbagai sumber pedoman agama Islam, baik Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW telah menyebutkan larangan-larangan ghibah. Dengan menjaga hati dari segala tindak-tanduk keburukan mampu menyingkirkan niat menggunjing orang lain. Dalam suatu ayat Al-Quran pun telah disebutkan, bahwa barang siapa yang melakukan ghibah, seperti berbicara tentang keburukan orang lain, sama halnya ia memakan daging bangkai temannya sendiri.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang kurangilah berbicara buruk tentang orang lain, dan jika ada salah satu di antara teman-teman sekitarmu yang sedang melakukan kegiatan ghibah maka tegurlah ia dan ingatkan akan larangan-Nya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (22/3), berikut tujuh ayat tentang ghibah dan maknanya, sebagai pengingat agar hati selalu bersih.