Brilio.net - Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang menarik untuk dikaji. Mulai dari diksi hingga kalimatnya memiliki keistimewaan tersendiri. Sebagai bahasa ibu orang Indonesia, sudah sepatutnya kamu memperdalam ilmu bahasa Indonesia. Ada berbagai bentuk kata dalam bahasa Indonesia, salah satunya adalah lawan kata atau antonim. Lawan kata atau yang sering disebut antonim merupakan kebalikan dari suatu kata atau makna kata. Misalnya kata 'baik' lawan katanya 'jahat'. Dalam bahasa Indonesia lawan kata memiliki peran penting dalam memperkaya struktur maupun makna suatu kalimat.

Langsung saja, supaya kamu memahami tentang lawan kata lebih jauh, berikut pengertian lawan kata, ciri, contoh, dan bentuk paragrafnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/3).

Pengertian lawan kata

Contoh lawan kata pengertian dan cirinya © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Lawan kata adalah kata yang berlawanan makna atau arti dengan kata lain yang memiliki hubungan semantik tertentu. Misalnya, kata panas memiliki lawan kata dingin, kata besar memiliki lawan kata kecil, dan sebagainya. Lawan kata sering digunakan untuk memperjelas arti sebuah kata atau untuk membandingkan atau mengkontraskan antara dua hal atau konsep yang berbeda.

Merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), antonim adalah kata yang berlawanan dengan arti kata lainnya. Sementara itu, menurut Tarigan dan Gurning dalam buku "Semantik: Pengantar Studi Tentang Makna" (2010), antonim adalah kata atau frasa yang memiliki makna berlawanan atau kontradiktif dengan kata atau frasa lainnya dalam sebuah bahasa.

Tak jauh berbeda dari itu, menurut Leech dalam bukunya "Semantics: The Study of Meaning" (1981), antonim adalah pasangan kata yang secara langsung berlawanan, sehingga penampilan salah satu kata akan menunjukkan penampilan lainnya. Lyons dalam bukunya "Semantics" (1977), antonim adalah kata-kata yang menggambarkan kontradiksi satu sama lain dan berarti kebalikan dari satu sama lain.

Secara umum, dapat dikatakan bahwa antonim atau lawan kata adalah kata-kata yang memiliki makna berlawanan atau kontradiktif satu sama lain dan digunakan untuk memperjelas arti sebuah kata atau membandingkan dua konsep atau hal yang berbeda.