Brilio.net - Slogan adalah kelompok kata atau kalimat pendek yang menarik, unik, mencolok, dan mudah diingat untuk memberitahukan tujuan atau visi dari suatu organisasi, kegiatan, maupun perusahaan. Slogan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu.

Slogan juga dapat dipakai untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Slogan mempunyai beberapa ciri khusus yaitu slogan berisi kata-kata yang singkat, menarik, dan mudah diingat. Slogan juga bisa berbentuk frase, klausa, motto, atau kalimat. 

Slogan juga bisa berupa semboyan yang biasa digunakan kelompok organisasi atau masyarakat. Slogan dibuat agar bisa memenuhi pandangan, pendapat orang yang membaca maupun mendengarnya.

Jenis-jenis slogan

Contoh slogan © 2022 Istimewa

foto: pixabay.com

Slogan dikelompokkan dalam beberapa jenis berdasarkan latar pembuatannya, adapun jenis slogan antara lain:

1. Slogan pendidikan

Slogan pendidikan bertujuan untuk meningkatkan semangat para peserta didik agar lebih giat dan pantang menyerah dalam belajar, demi merain impian dan cita-cita yang didambakannya.

2. Slogan kesehatan

Slogan kesehatan adalah tulisan atau semboyan tentang kesehatan yang mengajak kita untuk hidup lebih sehat.

3. Slogan perusahaan/instansi

Slogan perusahaan merupakan frase menarik yang dibuat untuk branding atau pemasaran serta membuat ciri khas khusus agar perusahaan lebih mudah dikenal oleh konsumennya.

4. Slogan lingkungan hidup

Slogan lingkungan hidup adalah slogan yang berisi himbauan untuk peduli terhadap lingkungan dengan menggunakan langkah-langkah kecil atau pergerakan besar.

5. Slogan motivasi

Slogan motivasi berisi tentang serangkaian kata dan nilai-nilai yang mempengaruhi individu untuk mencapai hal yang spesifik sesuai tujuan individu. Kata dan nilai tersebut merupakan suatu motivasi yang memberikan kekuatan untuk mendorong individu dalam mencapai tujuan.

6. Slogan keamanan

Slogan keamanan merupakan kata-kata untuk mengajak masyarakat menjaga keamanan suatu tempat agar tercipta lingkungan yang aman. Slogan ini biasanya ditemukan di jalan raya.