Brilio.net - Peribahasa adalah ungkapan yang mengandung makna kiasan, sindiran, nasihat, maupun hikmah. Peribahasa biasanya digunakan untuk memperindah bahasa, menyampaikan pesan, atau menegur seseorang. Pada prinsipnya sebuah peribahasa bisa mencerminkan kearifan, kebudayaan, dan nilai-nilai suatu masyarakat.

Salah satu kebudayaan masyarakat yang kaya akan peribahasa adalah masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa memiliki banyak peribahasa yang menggambarkan berbagai aspek kehidupan, seperti keluarga, pekerjaan, persahabatan, cinta, moral, dan sebagainya. Ya bisa dibilang, peribahasa Jawa juga memiliki keunikan tersendiri dalam penyampaian serta pemilihan katanya.

Namun, terkadang banyak orang yang kurang memahami arti dan makna dari peribahasa Jawa. Bisa jadi kamu mungkin sering mendengar atau bahkan sering membaca peribahasa Jawa, tapi tidak tahu apa maksudnya. Selain itu, kamu mungkin ingin menggunakan peribahasa Jawa, tapi tidak tahu kapan dan bagaimana cara menggunakannya.

Apabila hal itu jadi kendalamu, nggak perlu khawatir lho. Pasalnya pada artikel ini brilio.net akan memberikan beberapa contoh peribahasa Jawa dan artinya, yang bisa kamu gunakan sebagai bahan belajar maupun referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan bahasa dan budaya Jawa. Simak selengkapnya di bawah ini! Dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (24/1)