Brilio.net - Menjelang Idul Fitri tentunya banyak orang yang sudah menyiapkan waktu untuk mudik ke kampung halaman. Tidak sedikit yang berburu tiket pulang jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga lebih murah. Banyak pilihan transportasi yang bisa dipakai untuk mudik, mulai dari mobil hingga pesawat. Tergantung seberapa jauh jarak yang ditempuh ke kampung halaman.

Ada banyak cara dan tips beli tiket mudik Lebaran dengan mudah serta mendapatkan harga lebih ramah di kantong. Contohnya kamu bisa memanfaatkan harga diskon atau promo tiket transportasi jelang Lebaran. Selain itu coba tentukanlah jadwal keberangkatan yang tidak terlalu dekat dengan hari Lebaran untuk menghindari full booked dari pemudik lain.

Jika kamu masih merasa susah mendapatkan tiket mudik Lebaran, simak lima tips beli tiket mudik Lebaran 2024 murah, hemat, dan antiribet yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (4/4).

1. Tips beli tiket bus untuk mudik Lebaran.

Tips beli tiket mudik Lebaran 2024 murah © Freepik

foto: freepik.com

- Pesan tiket jauh-jauh hari

Salah satu kunci untuk mendapatkan harga tiket yang murah adalah dengan memesan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Biasanya, harga tiket akan lebih murah jika dipesan beberapa minggu atau bahkan bulan sebelumnya.

- Manfaatkan diskon dan promo

Pantau situs web dan aplikasi pemesanan tiket bus secara berkala untuk melihat adanya diskon dan promo khusus. Beberapa perusahaan bus seringkali menawarkan diskon atau promo khusus untuk pembelian tiket jauh-jauh hari atau dalam rangka memperingati hari-hari tertentu.

- Bandingkan harga

Jangan langsung membeli tiket dari satu penyedia saja. Sebaliknya, bandingkan harga tiket dari beberapa penyedia bus yang berbeda. Situs web atau aplikasi perbandingan harga tiket dapat membantu kamu melihat harga tiket dari berbagai perusahaan bus dalam satu tampilan.

- Pilih waktu keberangkatan yang fleksibel

Harga tiket bus bisa berbeda-beda tergantung pada waktu keberangkatan. Cobalah untuk memilih waktu keberangkatan yang fleksibel, misalnya pada hari-hari yang tidak ramai atau pada jam keberangkatan yang tidak populer.

- Hindari jam-jam sibuk

Hindari memesan tiket untuk keberangkatan pada jam-jam sibuk seperti akhir pekan atau menjelang tanggal merah. Harga tiket pada jam-jam tersebut cenderung lebih tinggi karena permintaan yang tinggi.

- Manfaatkan program loyalitas

Jika kamu sering melakukan perjalanan menggunakan bus, pertimbangkan untuk mendaftar ke program loyalitas atau keanggotaan dari penyedia bus tersebut. Beberapa program loyalitas menawarkan diskon khusus atau poin yang dapat ditukarkan dengan diskon pada pembelian tiket berikutnya.

- Pertimbangkan rute alternatif

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan rute alternatif yang mungkin lebih murah. Beberapa rute alternatif bisa jauh lebih hemat daripada rute utama yang sering digunakan oleh banyak orang.