Brilio.net - Majas adalah salah satu unsur penting dalam bahasa dan sastra. Majas merupakan penggunaan bahasa yang memanfaatkan pemilihan atau pemakaian kata, frasa, atau kalimat untuk menimbulkan efek tertentu pada pembaca atau pendengar.

Majas bertujuan untuk menyampaikan pesan, mempengaruhi perasaan, atau memperkuat pemahaman terhadap suatu bahan bacaan atau presentasi. Ada berbagai macam jenis majas, seperti personifikasi, metafora, hiperbola, dan lain-lain.

Dengan menggunakan majas, penyampaian kalimat menjadi lebih menarik dan tidak membuat bosan orang yang membaca. Majas juga bisa mengekspresikan apa yang dimaksud penulis. Biasanya majas digunakan untuk penulisan artikel, novel, cerpen, puisi, dan karya sastra lainnya. Gaya bahasa atau majas memiliki beragam jenis dengan tujuan dan fungsi berbeda-beda.

Penasaran apa saja contoh majas dalam kalimat bahasa Indonesia? Yuk simak 45 contoh majas dalam kalimat bahasa Indonesia, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/2).

Ciri-ciri majas.

Contoh majas dalam kalimat  © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Penggunaan bahasa yang tidak biasa atau tidak umum.

2. Menimbulkan efek tertentu pada pembaca atau pendengar, seperti menarik perhatian, membangkitkan emosi, atau menciptakan kesan tertentu.

3. Menggunakan kata, frasa, atau kalimat secara simbolis untuk menggambarkan sesuatu.

4. Mampu menciptakan suasana, memperkuat pemahaman, atau menyampaikan pesan dengan lebih jelas.

5. Biasanya memiliki bentuk yang jelas dan mudah dipahami.

6. Dapat menggabungkan beberapa jenis majas dalam suatu kalimat atau paragraf.

7. Dapat mempengaruhi perasaan pembaca atau pendengar.

8. Merupakan bagian penting dari bahasa dan sastra.