Brilio.net - Contoh kata ilmiah, apa yang terlintas di benakmu saat mendengar istilah 'kata ilmiah'? Mungkin kamu berpikir kata ilmiah adalah jenis kata yang berat atau bahkan membosankan? Atau malah sebaliknya yaitu sesuatu yang menyenangkan dan menantang untuk dipelajari.

Apapun anggapan kamu tentang kata ilmiah, tak ada masalah. Pasalnya setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda ketika mendengar kata ilmiah. Sebenarnya jika ditelusuri secara historis kata ilmiah memiliki kata dasar ilmu yang berasal dari bahasa Arab yaitu al-‘ilm.

Kata al-‘ilm ini digunakan untuk menunjukkan usaha seseorang untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu kenyataan atau fenomena. Sementara merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu bersifat ilmu; secara ilmu pengetahuan; memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan. Kedua pemahaman tersebut memang tak jauh berbeda. Lantas seperti apa contoh kata ilmiah itu?

Apabila kamu masih awan seperti apa contoh kata ilmiah tak perlu khawatir, sebab contoh kata ilmiah ini memang jarang terdengar karena pada hakikatnya hanya digunakan untuk pada kalangan tertentu. Misalnya di kalangan akademisi, kantoran, atau profesional dan bidang lainnya.

Walau begitu, contoh kata ilmiah wajib dipelajari oleh siapa saja. Terutama bagi kamu yang ingin memperluas penggunaan kosakata. Nah biar nggak makin penasaran apa saja contoh kata ilmiah, berikut ini brilio.net memberikan ulasan lengkap seputar 45 contoh kata ilmiah, lengkap dengan pengertian dan penjelasannya. Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/11).