Brilio.net - Dalam mempelajari bahasa Inggris, ada berbagai macam aspek yang harus diperhatikan, mulai dari vocabulary, grammar, hingga klasifikasi kata yang ada dalam kategori dengan berbagai macam fungsinya. Klasifikasi kata yang dikategorikan melalui peran serta fungsi dalam kalimat dari suatu bahasa adalah part of speech.

Part of speech memiliki peranan penting untuk membentuk sebuah kalimat agar padu serta sesuai dengan grammar dari kalimat tersebut. Ada beberapa jenis yang termasuk ke dalam part of speech, di antaranya adverb (kata keterangan), conjunction (kata hubung), verb (kata kerja), pronoun (kata ganti), preposition (kata depan), noun (kata benda), interjection (kata seru), dan adjective (kata sifat). Nah, dalam artikel kali ini akan membahas lebih spesifik terhadap noun (kata benda).

Apa itu kalimat noun? 

Contoh kalimat noun beserta jenis dan penjelasannya berbagai sumber

foto: freepik.com

Noun merupakan sebuah kata yang menggambarkan sesuatu seperti orang, tempat, benda, atau bahkan sebuah ide/gagasan.

Dalam sebuah kalimat kata benda sendiri dapat berperan sebagai sebuah subjek, objek, serta dapat menjadi pelengkap subjek atau pelengkap objek.

Jenis-jenis kalimat noun. 

Contoh kalimat noun beserta jenis dan penjelasannya berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam bahasa Inggris, noun memiliki cukup banyak jenis-jenisnya, maka dari itu berikut ini brilio.net rangkumkan jenis-jenis kalimat noun, Rabu (28/9).

1. Common Noun and Proper Noun.

Common noun adalah nama atau item yang masih bersifat umum dari suatu kelompok atau kategori. Contohnya seperti boy (pria), year (tahun), city (kota).

Sedangkan proper noun itu sendiri merupakan nama spesifik dari orang , benda, tempat, dan masih banyak lagi. Contohnya Rendi, Jakarta, Bali.

2. Countable noun dan uncountable noun.

Countable noun merupakan kata benda yang dapat dihitung atau dinyatakan dengan angka contohnya table, shoes, pants dan masih banyak lagi.

Sedangkan uncountable noun adalah sebuah kata benda yang tidak dapat digambarkan atau dinilai hanya dengan angka misalnya seperti happiness, love, water dan masih banyak lagi.

3. Abstract and Concrete Noun.

Abstract noun merupakan kata benda yang tidak bisa diamati panca indera contohnya saja freedom, childhood, courage, communism dan masih banyak lagi.

Sedangkan concrete noun adalah kata benda yang dapat diamati dengan panca indera kita misalkan saja seperti pencil, laptop, wallet, glass dan masih banyak lagi.

4. Singular dan Plural Noun, serta Collective Noun.

Singular noun adalah kata benda yang jumlahnya hanya satu, biasanya diawali dengan kata a, an, atau the.

Plural noun merupakan kata benda yang jumlahnya banyak atau lebih dari satu atau dapat dihitung.

Sedangkan collective noun adalah kata benda yang menunjukkan kata benda jamak atau gabungan dari orang, benda, ataupun tempat misalkan family, crowd , village, dan masih banyak lagi.

5. Compound Noun and Noun Phrase.

Compound noun adalah kata benda yang terbuat dari dua noun atau lebih. Saat dua atau lebih noun digabungkan, maka akan terbentuk sebuah makna yang lebih jauh atau bahkan sangat berbeda dibandingkan dengan berdiri sendiri.

Dalam noun jenis ini terdapat beberapa jenis yang lebih rinci lagi seperti:

- Closed Compound Noun (kata benda yang terdiri dari dua noun atau lebih dengan penulisan digabungkan, alias tidak dipisahkan oleh spasi atau tanda baca apa pun dan jika dipisah akan menimbulkan arti yang berbeda.)

- Hyphenated Compound Noun (hyphenated compound noun adalah kata benda yang memiliki arti tidak jauh berbeda jika dibandingkan saat setiap noun ditulis secara mandiri, alias maknanya tidak terlalu jauh dari kata asal.

- Opened Compound Noun (kata benda yang merupakan gabungan dua atau lebih noun dengan arti yang sangat dekat dari asalnya.)

Sedangkan noun phrase sendiri merupakan sebuah frasa yang terdiri dari gabungan antara kata benda (noun), kata ganti benda (pronoun), atau number.

6. Possessive Noun.

Noun jenis ini biasanya digunakan untuk menunjukkan sebuah kepemilikan seperti Reza's house, Mika's book dan masih banyak lagi.

 

Magang: Muhammad Reza Ariski

(brl/tin)