1. Contoh biodata bahasa Inggris dalam bentuk paragraf untuk mahasiswa.

I am Lee Seokmin, people called me DK for short. I am major in Finance and is in my five semester at the University of South Korean. I stayed in a dormitory and love the campus experience. I join the University Music and also manage to get a part-time job at the local cafe near the campus.

I like to do many things and very good at multitasking, especially to make people laughing. Yes, i love being humorous person. I believe in a balanced experience from the theory that we study and the reality in the field. I have two younger sisters and I am the oldest. That is why I feel it is important to set an example that education is crucial. However, working is equally important so we know how things work in real life. 

Terjemahan:  

Saya Lee Seokmin, singkatnya orang memanggil saya DK. Saya jurusan Keuangan dan sedang menjalani semester lima di Universitas Korea Selatan. Saya tinggal di asrama dan menyukai pengalaman kampus. Saya bergabung dengan Universitas Musik dan juga berhasil mendapatkan pekerjaan paruh waktu di kafe lokal dekat kampus.

Saya suka melakukan banyak hal dan sangat pandai multitasking, terutama untuk membuat orang tertawa. Ya, saya suka menjadi orang yang humoris. Saya percaya pada pengalaman yang seimbang dari teori yang kita pelajari dan kenyataan di lapangan. Saya memiliki dua adik perempuan dan saya yang tertua. Itulah mengapa saya merasa penting untuk memberi contoh bahwa pendidikan itu penting. Namun, bekerja sama pentingnya sehingga kita tahu bagaimana segala sesuatunya bekerja dalam kehidupan nyata.

2. Contoh biodata bahasa Inggris dalam bentuk paragraf untuk melamar kerja (curriculum vitae). 

My name is Dariel Bramanta and I am a fresh graduate from Brahmana University major In Management. People usually call me Riel. I have some interns experience during my University year that allows me to have a glips on the working world.

I am a perfectionist and have attention to detail. I come from a big family and therefore I can socialize better with other people. I think I have a nice balance of focus and social ability that I would like to expand in this company. I will work hard both for the company also to support my experience and skill. I hope we can work together, thank you. 

Terjemahan: 

Nama saya Dariel Bramanta dan saya adalah lulusan baru dari jurusan Manajemen Universitas Brahmana. Orang biasanya memanggil saya Riel. Saya memiliki beberapa pengalaman magang selama tahun Universitas saya yang memungkinkan saya untuk memiliki sekilas tentang dunia kerja.

Saya seorang perfeksionis dan memiliki perhatian terhadap detail. Saya berasal dari keluarga besar dan karena itu saya dapat bersosialisasi lebih baik dengan orang lain. Saya pikir saya memiliki keseimbangan yang baik antara fokus dan kemampuan sosial yang ingin saya kembangkan di perusahaan ini. Saya akan bekerja keras baik untuk perusahaan juga untuk mendukung pengalaman dan keterampilan saya. Semoga kita bisa bekerja sama, terima kasih.

3. Contoh biodata bahasa Inggris dalam bentuk paragraf secara umum. 

First of all, allow me to introduce myself through this biodata. My full name is Nirina Zatulini, and Nina is my nickname. I am 18 years old in 18th October tomorrow and a student majoring in Chemistry Education in University of Indonesian from now on. 

At university, I join the faculty journalism and english club. The reason I join this club is because I love writing and since junior high school I have loved journalism and wanted to learn more about it. By joining this club, I hope to get new knowledge that is useful. Then, english is my second languange. I really love to speaking in English. 

I have two main hobbies that I still pursue today. My first hobby is writing, which is the reason I join the journalism club. My second hobby is making crafts. There are many crafts that I have made and displayed in the living room of my house. But, one of my favorite craft is bracelet, which is made by me. Besides that, some of those crafts are also often bought by my parents’ friends, which makes me happy because I can make money from my hobby.

Terjemahan: 

Pertama-tama, izinkan saya memperkenalkan diri melalui biodata ini. Nama lengkap saya adalah Nirina Zatulini, dan Nina adalah nama panggilan saya. Saya berumur 18 tahun pada tanggal 18 Oktober besok dan menjadi mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia Universitas Indonesia mulai sekarang.

Di universitas, saya bergabung dengan fakultas jurnalistik dan klub bahasa Inggris. Alasan saya bergabung dengan klub ini adalah karena saya suka menulis dan sejak SMP saya menyukai jurnalisme dan ingin belajar lebih banyak tentangnya. Dengan bergabung di klub ini, saya berharap mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat. Kemudian, bahasa Inggris adalah bahasa kedua saya. Saya sangat suka berbicara dalam bahasa Inggris.

Saya memiliki dua hobi utama yang masih saya kejar sampai sekarang. Hobi pertama saya adalah menulis, itulah alasan saya bergabung dengan klub jurnalistik. Hobi kedua saya adalah membuat kerajinan. Ada banyak kerajinan yang saya buat dan pajang di ruang tamu rumah saya. Tapi, salah satu kerajinan favorit saya adalah gelang, yang saya buat sendiri. Selain itu, beberapa kerajinan itu juga sering dibeli oleh teman orang tua saya, yang membuat saya senang karena saya bisa menghasilkan uang dari hobi saya.

 

Penulis: mg/Ricka Milla Suatin