Brilio.net - Seperti dalam bahasa Indonesia, di dalam bahasa Inggris juga ada kata kepemilikan. Kata kepemilikan dalam bahasa Inggris dapat disebut sebagai possessive pronoun. Possessive pronoun merupakan sebuah grammar bahasa Inggris yang berfungsi untuk menunjukkan kepunyaan atau kepemilikan.

 Contoh kalimat possessive pronoun © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian possessive pronoun

Possessive pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan seseorang terhadap sesuatu baik itu benda, kata, orang, dan lain sebagainya. Meskipun hampir sama dengan possessive adjective, namun perbedaan paling mendasar yang bisa dilihat adalah dalam possessive adjective, dibutuhkan penempatan noun setelahnya. Sedangkan dalam possessive pronoun tidak membutuhkan noun setelahnya. Possessive pronoun bisa berfungsi sebagai subjek kalimat maupun objek. Secara singkat possessive pronoun dapat dijelaskan sebagai kata ganti yang tidak secara langsung diikuti oleh kata benda (noun), tetapi berdiri sendiri.

Rumus possessive pronoun

(Sebagai subjek: possessive pronoun + V + kata keterangan) (Sebagai objek: S + V + possessive pronoun)

Jenis possessive pronoun

Possessive pronoun memiliki jenis-jenis pronoun yang dapat digunakan untuk menulis kalimat. Berikut jenis-jenis pronoun dalam possessive pronoun:

1. Yours (milikmu)
Possessive pronoun (your) memiliki arti (milikmu) dan penggunaannya selalu diikuti dengan kata lain yang menunjukkan sesuatu yang dimiliki orang tersebut. Kata ini digunakan untuk menunjukkan kepemilikan (kamu).

2. Mine (milikku)
Possessive pronoun (mine) memiliki arti (milikku) atau kepunyaanku. Arti mine jika tergolong kata ganti menunjukkan tentang kepemilikan atau kepunyaan. Kepemilikan di sini bisa berupa benda ataupun orang.

3. Hers (kepunyaan dia – perempuan )
Possessive pronoun (hers) memiliki arti kepunyaan dia (perempuan). Kata hers digunakan saat seseorang sedang membicarakan tentang kepemilikan barang dan pemilik barang tersebut adalah seorang perempuan.

4. His (kepunyaan dia – laki-laki)
Possessive pronoun (his) memiliki arti kepunyaan dia (laki-laki). Kata his digunakan saat seseorang sedang membicarakan tentang kepemilikan barang dan pemilik barang tersebut adalah seorang laki-laki.

5. Ours (milik kami/kita)
Possessive pronoun (ours) memiliki arti (milik kami/kita). Kata ours bisa digunakan untuk menyatakan sebuah kepemilikan oleh kami/ kita akan sesuatu dan di klaim bahwa sesuatu tersebut sudah jelas. Dengan kata lain pelaku tersebut sudah mengetahui apa yang dimaksud.

6. Theirs (milik mereka)
Possessive pronoun (theirs) memiliki arti (kepunyaan mereka) dalam pronoun bahasa Inggris. Di saat seseotang ingin menyatakan bahwa sesuatu merupakan kepunyaan orang lain dalam jumlah banyak, maka menggunakan jenis possessive pronoun theirs

7. Its (kepunyaan dia – benda, hewan , bukan manusia)
Possesive pronoun (Its) memiliki arti (kepunyaan dia - benda, hewan, tumbuhan, atau yang bukan manusia). Kata its menyatakan bahwa suatu barang merupakan kepunyaan binatang/ hewan, tumbuhan, atau bukan manusia, maka akan menggunakan possessive pronoun (its).

 Contoh kalimat possessive pronoun © 2022 brilio.net

foto: pexels.com