Dalam bahasa Inggris terdapat sebuah materi tentang degrees of comparison yang mana membahas tentang adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan) yang menyatakan sebuah perbandingan.

Degrees of comparison dibagi menjadi 3 jenis, yaitu positive, comparative, dan superlative degrees.

Dari ketiga jenis degrees of comparison tersebut, artikel ini akan spesifik membahas tentang salah satu jenis degrees tersebut yaitu positive degrees.

Apa itu kalimat positive degree?

Contoh kalimat positive degree dalam percakapan sehari-hari © 2023 brilio.net

Contoh kalimat positive degree dalam percakapan sehari-hari
freepik.com

Positive degree adalah sebuah bentuk kalimat perbandingan dalam bahasa Inggris, yang digunakan sebagai sebuah perantara untuk membandingkan dua buah hal yang setara.

Positive degree merupakan sebuah bentuk dari kata sifat (adjective) dan kata keterangan (adverb) yang berbentuk cukup sederhana.

Ada beberapa contoh kata yang termasuk dalam positive degree di antaranya: carefully, fast, quickly, finish, handsome, funny dan masih banyak lagi.

Bentuk kalimat positive degree.

Pada dasarnya positive degree berasal dari kata sifat (adjective) dan juga kata keterangan (adverb), karena dari kedua kata tersebut berbentuk setara, maka positive degree ditandai dengan kata "as...as" pada kalimatnya.

Penerapan "as...as" dalam positive degree merupakan hal umum. Rumusnya yang harus diperhatikan dalam kalimat ini yakni "as + adjective/adverb + as".

Berikut ini contoh penggunaan bentuk positive degree "as....as":

- adjective: He is as good as his father (dia sebaik ayahnya)

- adverb: The athlete runs as fast as a cheetah (atlet itu berlari secepat cheetah)

Penggunaan kalimat positive degree.

Contoh kalimat positive degree dalam percakapan sehari-hari © 2023 brilio.net

Contoh kalimat positive degree dalam percakapan sehari-hari
freepik.com

Setelah mengetahui pengertian dan bentuk dari positive degree, belum tentu semua kalimat cocok menggunakan positive degree.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa menggunakan positive degree dengan baik dalam penyusunan kalimat yang tepat dan benar.

Berikut tiga grammar ini:

1. Menyatakan sebuah keadaan dengan apa adanya.

Seperti pengertiannya, grammar ini digunakan untuk mengungkapkan sebuah keadaan dengan apa adanya. Sehingga penyusunannya pun cukup sederhana seperti berikut: Hendra adalah seorang murid yang sangat pintar. Dengan penyusunan yang sederhana maka akan memudahkan kalian untuk belajar bahasa Inggris dan bisa dibilang rumus dalam kalimat ini dianggap level dasar dan mudah.

2. Membandingkan dua orang atau benda yang setara, baik dalam bentuk, sifat, jumlah atau lainnya.

Membandingkan bukan berarti harus berbeda, menunjukkan kesetaraan pun juga bisa dilakukan dengan positive degree, contohnya saja "Rubi setampan ayahnya".

Dari contoh tersebut menunjukkan perbandingan yang setara antara Ruby dan ayahnya yang sama tampan, akan tetapi dari ketampanan mereka sama-sama tampan.

3. Menyatakan dua orang atau benda yang tidak memiliki kesamaan tingkat perbandingan.

Perbandingan menunjukkan adanya perbedaan tingkat, baik dalam hal jumlah, besar, sifat dan lain sebagainya.

Contohnya saja penggaris itu tidak sepanjang alat pengukur bangunan. Dari contoh tersebut membandingkan dua hal yang tidak sama atau setara antara satu benda dengan benda lainnya.