Brilio.net - Dalam sekolah, materi kata ungkapan adalah salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Biasanya, pengajaran kata ungkapan dimulai dengan memahami definisi dan karakteristik khususnya. Sang guru akan mengenalkan konsep bahwa kata ungkapan adalah gabungan kata-kata yang membentuk makna baru yang tidak dapat diuraikan secara harfiah. Sebagai contoh, dalam bahasa Indonesia, ungkapan seperti "membawa air ke laut" atau "air cucuran atap jatuh ke pelimbahan" memiliki makna khusus yang melekat padanya.

Selanjutnya, dalam pembelajaran kata ungkapan, siswa akan diajak untuk memahami penggunaan kontekstual ungkapan tersebut dalam kalimat atau percakapan sehari-hari. Guru dapat memberikan contoh kata ungkapan dalam situasi tertentu, memberikan pemahaman lebih mendalam tentang makna dan penggunaannya. Misalnya, "membawa kayu bakar ke hutan" bisa dijelaskan dalam konteks pekerjaan atau tugas yang tidak relevan atau tidak diperlukan.

Pembelajaran kata ungkapan juga melibatkan latihan dan penggunaan aktif oleh siswa. Siswa akan diberikan kesempatan untuk menciptakan kalimat sendiri menggunakan kata ungkapan yang telah dipelajari, sehingga mereka dapat menginternalisasi penggunaan dan makna dari kata-kata tersebut.

Konteks pembelajaran yang interaktif dan kreatif dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan untuk menggunakan kata ungkapan dengan tepat dan memahami nuansa dalam berkomunikasi. Dengan demikian, pembelajaran kata ungkapan di sekolah membantu siswa memahami kekayaan bahasa dan ekspresi budaya yang terkandung dalam frasa-frasa khas tersebut.

Nah, untuk menambah lebih banyak referensi contoh kata ungkapan, brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (28/11), 20 contoh kata ungkapan, pengertian, dan penggunaannya dalam kalimat.

Contoh kata ungkapan freepik.com

foto: freepik.com