Brilio.net - Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang sering kita temui dalam bahasa Inggris. Teks ini berisi penjelasan atau informasi berdasarkan fakta untuk meyakinkan pembaca tentang suatu hal. Teks eksposisi biasanya membahas isu-isu yang penting, aktual, dan menarik, seperti ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan lain-lain. Teks eksposisi juga menggunakan argumen dan bukti yang relevan dan kredibel untuk mendukung gagasan utama penulis.

Nah, dalam artikel ini, akan mengulik contoh teks eksposisi bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar atau menulis teks eksposisi sendiri. Nggak hanya itu, pada ulasan kali ini juga akan membahas tentang jenis dan cara menulis teks eksposisi bahasa Inggris yang penting dipelajari.

Yuk sama-sama simak contoh teks eksposisi bahasa Inggris, pahami pengertian dan trik mudah menulis yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/11).

Definisi dan struktur teks eksposisi bahasa Inggris.

contoh teks eksposisi bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Teks eksposisi dalam bahasa Inggris adalah sebuah jenis teks yang menjelaskan pengetahuan atau informasi berdasarkan fakta untuk meyakinkan audiens atau lawan bicara. Teks ini biasanya berisi opini dan argumen penulis tentang suatu isu yang penting atau menarik.

Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan informasi atau ide-ide mengenai berbagai aspek kehidupan, seperti politik, pendidikan, budaya, dan lain-lain, dan mempengaruhi pembaca agar merasa setuju dengan pendapat yang disampaikan oleh penulis. Teks eksposisi dapat dengan mudah kita temukan di media massa, seperti koran, artikel ilmiah, majalah, blog pribadi, dan lain-lain.

Adapun struktur teks eksposisi dalam bahasa Inggris terdiri dari:

1. Pendahuluan (Introduction): Bagian ini mengenalkan pembaca kepada topik yang akan dibahas. Biasanya berisi pernyataan umum, latar belakang, dan tesis atau gagasan utama penulis.

2. Pemaparan (Exposition): Ini adalah bagian utama dari teks eksposisi yang berisi penjelasan mendalam tentang topik. Biasanya berisi beberapa argumen atau pendapat yang mendukung tesis penulis, beserta bukti-bukti atau contoh-contoh yang relevan dan kredibel.

3. Rekapitulasi (Conclusion): Bagian ini berisi penutup atau kesimpulan dari penulis terhadap keseluruhan topik yang dibahas. Biasanya berisi ulangan atau penegasan tesis penulis, ringkasan argumen-argumen penulis, dan saran atau rekomendasi untuk pembaca.