Brilio.net - Kopi merupakan minuman yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Bahkan di kota-kota besar telah tersedia kedai-kedai kopi yang menjamur dimana-mana. Selain sebagai penambah energi, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Beberapa manfaat kopi untuk kesehatan adalah mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer, Parkinson, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Kandungan antioksidan dalam kopi membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan terjadinya penyakit.

Ternyata, kopi juga diketahui dapat meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan daya ingat. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan reaksi dan koordinasi motorik. Hal ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam pekerjaan atau kegiatan sehari-hari.

Manfaat kopi untuk kesehatan lainnya adalah membantu menurunkan berat badan sehingga baik gunakan untuk diet. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori lebih cepat. 

Selain itu, manfaat kopi juga dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang sehingga dapat membantu seseorang untuk mengontrol pola makan dan mengurangi asupan kalori secara alami. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan tidur, kecemasan, dan masalah pencernaan. 

Karena itu, pastikan untuk mengkonsumsi kopi secara sehat dan teratur. Adapun manfaat kopi untuk kesehatan yang dimaksud adalah kopi dari biji kopi asli dan tanpa gula atau pemanis apapun.

Nah berikut 15 manfaat kopi untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/4).