Manfaat kopi untuk kesehatan, salah satunya dapat mencegah kanker

Manfaat kopi untuk kesehatan bisa cegah kanker dan alzheimer © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Menjaga kesehatan jantung

Kopi mengandung senyawa antioksidan yang disebut klorogenat, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan metabolisme glukosa dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan fungsi otak

Kopi mengandung kafein, yang dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan memori jangka pendek. Kafein juga dapat meningkatkan kadar hormon epinefrin dan norepinefrin dalam tubuh, yang membantu mempercepat sinyal saraf dan meningkatkan kinerja otak.

3. Mengurangi risiko Alzheimer dan Parkinson

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat membantu mencegah risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan kafein dalam kopi diyakini dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan meningkatkan fungsi otak.

4. Mencegah kanker hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat membantu mencegah kanker hati. Kandungan senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam kopi dapat membantu melindungi sel hati dari kerusakan dan peradangan yang dapat menyebabkan kanker hati.

5. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan metabolisme glukosa, sehingga dapat membantu mencegah resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

6. Meningkatkan metabolisme

Kopi mengandung kafein, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh selama aktivitas fisik dan meningkatkan suhu tubuh, sehingga dapat membantu membakar lebih banyak lemak dan kalori.