Ciri-ciri kalimat penegasan ulang.

Penegasan ulang mempunyai beberapa ciri khusus agar dapat dibedakan. Berikut adalah ciri-ciri penegasan ulang.

1. Penegasan ulang berisi tentang suatu fakta yang jelas
2. Penegasan ulang terletak pada akhir teks
3. Penegasan ulang bersisi kalimat penguatan
4. Penegasan ulang mempunyai pendapat tentang apa yang dilakukan atau di putuskan
5. Penegasan ulang selalu didahului tesis dan argumentasi

Contoh kalimat penegasan ulang dalam bahasa Indonesia.

1. Ketika kita sudah mengetahui hal penyebab pergaulan bebas, alangkah baiknya orang tua harus lebih mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah.

2. Berdasarkan situasi Covid-19 yang semakin meningkat maka pembelajaran secara online cocok untuk diterapkan.

3. Dikarenakan Indonesia sekarang darurat akan bencana banjir, maka penggunaan plastik di Indonesia mulai sekarang harus dikurangi agar dapat mengurangi bencana banjir.

4. Reboisasi merupakan hal yang dibutuhkan untuk alam untuk mengurangi berbagai macam bencana, oleh karena itu agar polusi udara dan pemanasan global meningkat, sebaiknya masyarakat mulai melakukan penghijauan.

5. Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat menyebabkan penyakit stunting bagi anak. Oleh karena itu dengan memenuhi gizi ibu hamil dapat mencegah penyakit stunting pada ibu hamil.

6. Sepak bola memerlukan permainan sepak bola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik supaya menyuguhkan permainan yang menarik.

7. Masalah yang menghambat siswa dalam belajar yaitu metode pembelajaran yang masih kurang. Berbagai persoalan pembelajaran terutama yang menyangkut metode pembelajaran yang tepat bagi anak didik perlu dicari jalan tengah yang terbaik sebagai solusinya.

8. Pendidikan merupakan faktor utama untuk mencerdaskan anak bangsa. Pendidikan sebagai suatu sistem pencerdasan anak bangsa saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan globalisasi.

9. Pancasila merupakan ideologi yang sesuai dengan Indonesia karena mampu mewadahi heterogenitas Indonesia yang tinggi dengan beragamnya agama, adat, budaya dan lain-lain.

10. Sebagai negara yang menerapkan NKRI. Masyarakat Indonesia harus senantiasa saling membantu satu sama lain.

11. Bahasa Indonesia menjadi pilar dalam proses Pendidikan Karakter. Karakter dari setiap orang dapat tergambar dari bahasa yang digunakan. Apabila bahas yang digunakan baik dan benar kemungkinan besar karakter juga mengikuti.

12. Penokohan adalah penggambaran karakter oleh penulis yang mewakili tipe-tipe manusia yang sesuai dengan tema dan amanat, serta menggunakan teknik analitik serta dramatik untuk melukiskan watak tokoh tersebut.

13. Salah satu jenis cokelat adalah compound chocolate. Cokelat ini memiliki rasa manis dan harganya juga cukup murah.

14. Kebersihan merupakan salah satu hal yang paling penting bagi kesehatan. Oleh karena itu dengan menjaga kebersihan maka akan tercipta suatu lingkungan yang sehat.

15. Penebangan hutan merupakan faktor utama yang menyebabkan tanah longsor. Agar bencana tanah longsor dapat diatasi maka penebangan hutan secara liar harus ditindaklanjuti secara tegas oleh pemerintah.