Rumus adjective clause.

15 Contoh kalimat adjective clause © 2022 berbagai sumber

foto: pexels.com

Rumus adjective clause secara mudahnya yang telah diketahui yaitu subject memakai who, that, dan which. Fungsi rumus adjective clause adalah pada object menggunakan kata that, whom, which dan who. Contohnya seperti kalimat "that is pen, which i want to borrow".

Berikut adalah rumus adjective clause dengan pola 1 dan pola 2 menurut pronounnya:

1. Adjective clause pola I.

Rumus relative pronoun (adverb + S + V), contoh kalimatnya seperti "I lost my book whom i borrowed from her". Dalam kalimat yang berperan sebagai relative pronoun adalah whom, sementara I berfungsi sebagai subjek, dan borrowed berperan untuk verb.

2. Adjective clause pola II.

Berbanding terbalik dengan pola pertama, adjective clause dengan rumus relative pronoun sebagai subjek + V. Kalimat contohnya seperti "The expired number that was signed last year is no longer valid".

Dalam hal ini relative pronoun fungsinya sebagai subjek, sementara (was signed) sebagai verb. Tidak banyak yang memahami fungsi ini. Contohnya ada pada kalimat "Amir whose car has burned down". Fungsi lainnya ada pada kata whose. Kemudian dapat dibagi menjadi adjective clause, berdasarkan pada clause yang selanjutnya akan ditempelkan pada noun. Ada beberapa ilustrasi sifat dari noun yang bisa digambarkan. Tiap ilustrasi kemudian memiliki rumus yang berbeda-beda, di antaranya:

a. Noun + saat melakukan sesuatu.
b. Noun + dimana melakukan sesuatu.
c. Noun + alasan atau mengapa sesuatu.
d. Noun + bagaimana bisa melakukan sesuatu.
e. Noun + sosok yang melakukan sesuatu.
f. Noun + apa yang dilakukan.
g. Noun + terhadap siapa hal itu dilakukan.

Noun dalam hal ini berfungsi untuk mewakili apa yang akan dijelaskan sebelum dan sesudahnya dan menandakan masuk atau tidak dalam kategori adjective clause berdasarkan nama conjunction yang dimiliki.