Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada persoalan utang piutang. Misalnya, teman atau keluarga meminta pinjam uang saat sedang kesulitan keuangan. Tentu, kamu ingin membantu, tapi kadang kamu juga perlu memikirkan keadaan keuangan sendiri. Masalah ini memang tidak bisa dihindari, tapi kamu harus bisa menyikapinya dengan bijak.

Salah satu cara bijak dalam menyikapi persoalan utang piutang adalah dengan memikirkan cara menolak orang yang meminjam uang dengan elegan, halus, dan tanpa menyinggung perasaan. Kamu bisa menyampaikan penolakan dengan sopan, seperti dengan mengatakan bahwa kamu sedang dalam kondisi keuangan yang tidak memungkinkan untuk memberikan pinjaman.

Kamu juga bisa memberikan alternatif solusi lain, seperti membantu mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhan mereka. Menolak seseorang yang meminjam uang memang tidak mudah, tapi kamu bisa melakukannya dengan elegan dan halus tanpa harus menyakiti perasaan orang lain. Bagaimana kira-kira caranya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (19/2), ini dia 15 cara menolak orang pinjam uang dengan elegan, halus, tanpa menyinggung perasaan.