Brilio.net - Gempa bumi adalah fenomena alam yang terjadi pada permukaan bumi akibat pelepasan energi yang terakumulasi di antara dua atau lebih lempeng bumi yang berdempetan. Dengan kata lain, gempa bumi terjadi karena adanya pergerakan lempeng-lempeng tektonik di dalam kerak bumi. Kerak bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan yang saling menekan satu sama lain.

Ketika tekanan antara lapisan batuan meningkat secara mendadak dan tidak dapat ditahan lagi oleh batas elastisitasnya, maka akan terjadi patahan atau pecahnya lapisan batuan tersebut. Patahan ini akan menghasilkan energi kinetik yang berubah menjadi energi panas dan gelombang seismik sehingga terjadi gempa bumi.

Gempa bumi memiliki dampak kerusakan yang cukup besar. Gempa bumi dengan skala besar dapat berpotensi menghancurkan bangunan-bangunan besar atau bahkan menyebabkan benda alam lainnya seperti bencana alam. Lantas bagaimana jika bermimpi tentang gempa bumi? Akankah dampaknya tak jauh berbeda dengan kehidupan nyata?

Nah, mimpi gempa bumi seringkali diartikan sebagai simbol kegelisahan atau ketidakstabilan dalam kehidupan seseorang. Namun, menurut perspektif psikologi, penafsiran mimpi sangatlah subjektif dan tergantung pada konteks kehidupan dan pengalaman individu.

Supaya nggak makin penasaran arti mimpi gempa bumi menurut psikologi ini, berikut disajikan ulasan lengkap tentang 13 arti mimpi gempa bumi menurut psikologi, yang tak selalu menandakan isyarat buruk, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (25/12).

Arti mimpi gempa bumi menurut psikologi.

Arti mimpi gempa bumi menurut psikologi © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

1. Isyarat adanya perubahan drastis dalam hidup.

Ketika gempa bumi terjadi maka akan adanya perubahan besar di alam seperti terjadinya pergeseran lempeng yang menyebabkan permukaan air naik atau bahkan terciptanya daratan baru.

Nah, dalam mimpi, gempa bisa mencerminkan adanya perubahan besar yang akan terjadi dalam hidup seseorang. Hal ini mungkin melibatkan perubahan dalam hubungan, pekerjaan, atau kehidupan secara keseluruhan.

2. Adanya rasa khawatir pada masa depan.

Gempa bumi dalam mimpi dapat mewakili perasaan ketidakpastian atau kekhawatiran tentang masa depan. Orang yang mengalami perubahan signifikan dan merasa tidak stabil secara emosional mungkin mengalami mimpi semacam ini. Bisa dibilang mimpi ini menandakan adanya rasa khawatir yang selama ini kamu pikul.

3. Simbol stres dan tekanan.

Terkadang dalam mimpi dapat mencerminkan kondisi psikis seseorang. Meski tidak terbukti secara ilmiah namun mimpi gempa dipercaya memberikan gambaran tentang tekanan yang selama ini kamu alami. Bisa jadi selama ini kamu sedang mengalami tingkat stres yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari, alhasil hadir mimpi gempa bisa mencerminkan tekanan yang dirasakan dan keinginan untuk melepaskan beban tersebut.

4. Perasaan kehilangan kontrol.

Kehilangan kontrol dalam hidup menjadi hal yang cukup memberatkan bagi sebagian orang. Pasalnya kamu tidak bisa bertindak sesuai keinginan. Nah, ketika mimpi gempa bumi, dapat diartikan sebagai gambaran perasaan kamu yang sedang di tahap merasa kehilangan harapan hidup. Serta bisa jadi kamu merasa tidak dapat mengendalikan situasi atau peristiwa tertentu.