Brilio.net - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang, terutama pada masa remaja. Jerawat umumnya muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh campuran sebum serta kotoran yang menempel di kulit, seperti polusi, debu, hingga sel kulit mati. Campuran tersebut kemudian bereaksi dengan bakteri kotor di kulit, sehingga dalam prosesnya mengakibatkan peradangan dan munculnya benjolan kulit yang dikenal sebagai jerawat.

Jerawat sendiri memiliki bentuk yang bervariasi, mulai dari yang ringan hingga berat. Kondisi bruntusan merupakan salah satu dari kumpulan bentuk jerawat ringan yang muncul di wajah. Sementara itu, tipe jerawat batu menjadi contoh dari varian jerawat berat. Jerawat tipe berat ini biasanya akan merusak lapisan kulit yang lebih dalam dibanding jerawat ringan pada umumnya. Setiap jenis jerawat ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan meradang pada level yang berbeda.

Tak hanya itu, jerawat juga acap meninggalkan bekas luka. Bekas jerawat ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis umum, yaitu noda kecokelatan (PIH/post-inflammatory hyperpigmentation) dan bekas kemerahan PIE (post-inflammatory erythema). PIH muncul karena proses perbaikan kulit yang rusak akibat jerawat dapat membawa komponen melanin berlebih ke lapisan atas kulit, sehingga menyebabkan munculnya noda gelap. Sementara itu, PIE atau bekas kemerahan terjadi akibat adanya pelebaran dan kerusakan pembuluh darah pada saat jerawat meradang, sehingga memicu timbulnya bercak-bercak kemerahan.

Dalam mengatasi problematika di atas, banyak orang kemudian berupaya mencari beragam varian produk skincare yang dinilai menarik dan efektif dalam mengatasi masalah kulit berjerawat. Saking banyaknya, terkadang mereka pun kebingungan untuk menentukan dan memakai produk-produk tersebut. Padahal, penggunaan skincare banyak pun tidak menjamin akan menyehatkan kulit lho. Justru, kebanyakan memakai produk skincare pun bisa memicu reaksi iritasi dan menambah masalah kulit lain yang tak kalah menyusahkan.

Nah, salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara back-to-basic, alias menggunakan produk skincare yang benar-benar menjadi dasar dalam mencapai kulit sehat. Basic skincare sendiri terdiri atas 3 jenis produk saja, yaitu cleanser (pembersih), moisturizer (pelembap), dan sunscreen (tabir surya).

Berangkat dari hal tersebut, briliobeauty.net telah merangkum beberapa rekomendasi basic skincare untuk kulit berjerawat. Kira-kira produk mana nih yang tertarik kamu beli?