Pengertian kata leksikal

contoh kata leksikal © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

Kata leksikal adalah kata dasar atau kata inti yang mempunyai makna utama dan dapat dijadikan dasar untuk membentuk kata turunan dengan cara menambahkan imbuhan. Kata leksikal juga sering disebut dengan kata dasar atau kata benda, dan merupakan jenis kata yang paling umum digunakan dalam bahasa Indonesia.

Istilah leksikal sendiri berasal dari kata 'leksikon' yang artinya kamus sehingga leksikal juga sering diartikan sebagai makna kata yang terdapat dalam kamus. Sementara menurut Chear ahli bahasa yang mengungkapkan bawah makna leksikal merupakan makna sebenarnya atau makna yang ada pada kata tersebut tanpa konteks apapun. 

Contohnya kata “kuda” mempunyai makna kata leksikal sebagai jenis binatang berkaki empat yang bisa ditunggangi oleh manusia. Leksem pensin berarti alat yang terbuat dari kayu dan arang digunakan untuk tulis menulis. Contoh lain kata leksikal adalah "rumah", "makan", "kucing", "berjalan", dan "minum".

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa kata leksikal merupakan suatu kata yang memiliki arti sebenarnya tanpa perlu ada imbuhan apapun kata tersebut sudah bisa dipahami secara langsung. Leksikal juga dapat diartikan sebagai kata dasar atau kata yang memiliki makna sebenarnya.