11 Contoh interview bahasa Inggris lengkap untuk fresh graduate.

1. Tell me about yourself (Ceritakan tentang dirimu).

My name is Rangga and I am 24 years old. I graduated from Muhammadiyah University of Yogyakarta, majoring in Communication Science. I live in Yogyakarta and I am the eldest of three siblings. I have experience working in one of Indonesia’s reputable multinational companies and currently working on an ongoing project related to my background.

(Nama saya Rangga dan saya berumur 24 tahun. Saya lulus dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, jurusan Ilmu Komunikasi. Saya tinggal di Yogyakarta dan saya adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Saya memiliki pengalaman bekerja di salah satu perusahaan multinasional terkemuka di Indonesia dan saat ini sedang mengerjakan proyek yang sedang berjalan terkait dengan latar belakang saya).

2. Why are you the best person for this job? (Mengapa Anda orang terbaik untuk pekerjaan ini?)

I am confident that I am a good fit for this position for several reasons, but most specifically because of my dedication to going above and beyond in a job. I am committed to learning any new skills on my own to succeed in this role.

(Saya yakin bahwa saya cocok untuk posisi ini karena beberapa alasan, tetapi terutama karena dedikasi saya untuk melampaui dan melampaui pekerjaan. Saya berkomitmen untuk mempelajari keterampilan baru apa pun sendiri untuk berhasil dalam peran ini.)

3. Why do you want this job? (Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?)

I want this job because it’s time for me to leap into a bigger responsibility. I’m ready to step ahead in my life, and this job is offering me this opportunity. I want to broaden my knowledge, sharpen my skills, and develop my potential by taking up challenging tasks that this job has.

(Saya menginginkan pekerjaan ini karena sudah saatnya saya melompat ke tanggung jawab yang lebih besar. Saya siap untuk melangkah maju dalam hidup saya, dan pekerjaan ini menawarkan saya kesempatan ini. Saya ingin memperluas pengetahuan saya, mempertajam keterampilan saya, dan mengembangkan potensi saya dengan mengambil tugas-tugas menantang yang dimiliki pekerjaan ini).

4. What do you know about this company? (Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?)

Your company is a fast-growing startup that focuses on e-wallet for millennials. Since its establishment, your company has gained several achievements, awards, and milestones. I also like the way you market your services and approach your target market.

(Perusahaan Anda adalah startup yang berkembang pesat yang berfokus pada e-wallet untuk kaum milenial. Sejak didirikan, perusahaan Anda telah memperoleh beberapa prestasi, penghargaan, dan pencapaian. Saya juga menyukai cara Anda memasarkan layanan dan mendekati target pasar Anda).

5. How has your experience prepared you for this role? (Bagaimana pengalaman Anda mempersiapkan Anda untuk peran ini?)

I read your job description and am confident that my academic work has prepared me for the tasks and skills that seem to be the focus of your role. For example, I saw some of the main duties mentioned were scheduling and organizing daily tasks for the content marketing team. And I saw a high level of multitasking is required. In my business courses, I was often the person to lead projects and set project milestones, as well as check the progress of each team member daily. So while I’m an entry-level candidate, I’m coming to you with direct experience in delegating responsibilities, plus managing milestones and deadlines.

(Saya membaca deskripsi pekerjaan Anda dan yakin bahwa pekerjaan akademis saya telah mempersiapkan saya untuk tugas dan keterampilan yang tampaknya menjadi fokus peran Anda. Misalnya, saya melihat beberapa tugas utama yang disebutkan adalah menjadwalkan dan mengatur tugas harian untuk tim pemasaran konten. Dan saya melihat multitasking tingkat tinggi diperlukan. Dalam kursus bisnis saya, saya sering menjadi orang yang memimpin proyek dan menetapkan pencapaian proyek, serta memeriksa kemajuan setiap anggota tim setiap hari. Jadi, sementara saya adalah kandidat tingkat pemula, saya datang kepada Anda dengan pengalaman langsung dalam mendelegasikan tanggung jawab, plus mengelola pencapaian dan tenggat waktu).

6. What is your greatest strength? (Apa kekuatan terbesarmu?)

I have a solid work ethic. When I’m working on a project, I don’t just want to meet deadlines. Rather, I prefer to complete the project well ahead of schedule. Last year, I even earned a bonus for completing my three most recent reports one week ahead of time.

(Saya memiliki etos kerja yang kuat. Ketika saya sedang mengerjakan sebuah proyek, saya tidak hanya ingin memenuhi tenggat waktu. Sebaliknya, saya lebih suka menyelesaikan proyek lebih cepat dari jadwal. Tahun lalu, saya bahkan mendapatkan bonus karena menyelesaikan tiga laporan terbaru saya satu minggu sebelumnya).

7. What is your greatest weakness? (Apakah kelemahan terbesar anda?)

My greatest weakness is time management. I have always been very detail-oriented, so it sometimes takes me longer to finish a project than I initially think it will. This is why I started using time-tracking software in my last job. It made me more conscious of the time a task takes me and helped me never miss a deadline again.

(Kelemahan terbesar saya adalah manajemen waktu. Saya selalu sangat berorientasi pada detail, jadi terkadang saya membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan sebuah proyek daripada yang saya pikirkan sebelumnya. Inilah mengapa saya mulai menggunakan perangkat lunak pelacak waktu di pekerjaan terakhir saya. Itu membuat saya lebih sadar akan waktu yang dibutuhkan sebuah tugas dan membantu saya tidak pernah melewatkan tenggat waktu lagi).

8. What are your salary expectations? (Berapa gaji yang kamu harapkan?)

I was hoping for something more in the Rp 2.000.000 to Rp 3.000.000 range, but I’m definitely open to negotiating based on the entire compensation package.

(Saya mengharapkan sesuatu yang lebih dalam kisaran Rp 2.000.000 hingga Rp 3.000.000, tetapi saya pasti terbuka untuk bernegosiasi berdasarkan seluruh paket kompensasi).

9. Do you find it difficult to adapt to new situations? (Apakah kamu merasa kesulitan untuk beradaptasi di situasi yang baru?)

Adaptation is not easy. Of course I would have a hard time adapting at the start. I'll try to adapt for a few days and get used to it.

(Adaptasi tidak mudah. Tentu saja saya akan kesulitan beradaptasi di awal. Saya akan mencoba beradaptasi selama beberapa hari dan bisa menyesuaikan diri).

10. How do you prioritize work? (Bagaimana kamu memprioritaskan pekerjaan?)

I always see work from two things: urgency and importance. From those consideration, I will always start doing work that is urgent and important, then urgent, important, and work that is not in both. I also equip my phone with the Trello app which has been helping me work for a while.

(Saya selalu melihat pekerjaan dari dua hal: urgensi dan kepentingan. Dari pertimbangan itu, saya akan selalu mulai mengerjakan pekerjaan yang mendesak dan penting, kemudian yang mendesak, penting, dan pekerjaan yang tidak keduanya. Saya juga melengkapi ponsel saya dengan aplikasi Trello yang telah membantu saya bekerja untuk sementara waktu).

11. What are your career goals? (Apakah tujuan karier Anda?)

In the short term, I hope to work as a sales representative for a company such as yours—one with a mission based on excellent customer service and care. Working as a sales representative for a company I believe in will prepare me to take on expanded team leadership responsibilities in the future, as those become available.

(Dalam jangka pendek, saya berharap dapat bekerja sebagai perwakilan penjualan untuk perusahaan seperti perusahaan Anda—perusahaan yang memiliki misi berdasarkan layanan dan perhatian pelanggan yang sangat baik. Bekerja sebagai perwakilan penjualan untuk perusahaan yang saya yakini akan mempersiapkan saya untuk mengambil tanggung jawab kepemimpinan tim yang lebih luas di masa depan, saat hal itu tersedia).