Brilio.net - Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu maupun menjaga lisan. Dengan kata lain, puasa juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Namun, menjalani puasa Ramadhan tidak selalu mudah. Ada saja tantangan maupun godaan yang bisa mengganggu konsentrasi dan niat kamu dalam menjalani puasa Ramadhan. Oleh karena itu, kamu perlu motivasi diri supaya semangat untuk tetap istiqomah menjalankan sunnah-sunnah bulan Ramadhan serta bisa berpuasa dengan baik.

Salah satu sumber motivasi yang bisa kamu gunakan adalah kata-kata Jawa motivasi jalani puasa Ramadhan. Kata-kata Jawa motivasi jalani puasa Ramadhan memiliki kearifan akan makna yang dalam, yang bisa memberikan kamu inspirasi dan nasihat. Selain itu, Kata-kata Jawa motivasi jalani puasa Ramadhan juga bisa mengingatkan kamu akan akhlak maupun budaya yang luhur, yang harus dijaga serta dilestarikan.

Berikut ini 100 kata-kata Jawa motivasi jalani puasa Ramadhan, bijak dan penuh makna, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (27/2)

Kata-kata Jawa motivasi jalani puasa Ramadhan, syarat akan makna.

Kata-kata Jawa motivasi jalani puasa Ramadhan © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Ing dinten suci iki, ngundang saklawase nyuwun pangapura." (Di hari suci ini, mari kita semua memohon ampun.)

2. "Sabar ing dalanipun Allah.” (Sabarlah di jalan Allah.)

3. "Puasa Ramadhan iku kesempatan kanggo nyedhiyakake kasih sayang lan kepedulian marang wong liya." (Puasa Ramadhan adalah kesempatan untuk memberikan kasih sayang dan perhatian kepada sesama.)

4. "Kita kudu nggawe amal lan ngrampungake panggonan Ramadhan karo penuh kesabaran lan keikhlasan." (Kita harus melakukan amal dan menyelesaikan perjalanan Ramadhan dengan kesabaran dan ketulusan.)

5. "Gusti iku jiwo kang kados.” (Allah adalah jiwa yang suci.)

6. "Wong kang sabar, tansah eling lan teguh.” (Orang yang sabar, selalu ingat dan teguh.)

7. "Dalan urip iki, kudu pasrah lan sembah.” (Dalam hidup ini, harus berserah dan menyembah.)

8. "Ora mangan lan ora ngombe iku bener, yen ora iklas lan ora amarah." (Tidak makan dan tidak minum itu benar, jika tanpa ikhlas dan tanpa marah.)

9. "Utami tansah nyuwun pangapura.” (Kebaikan selalu meminta ampunan.)

10. "Nglakuake kesalehan lan kebaikan ora kudu ditundha nalika bulan Ramadhan." (Melakukan kebajikan dan kebaikan tidak perlu ditunda hingga bulan Ramadhan.)

11. "Senajan angkara murka, aja direm.” (Meskipun amarah menyala, jangan terpancing.)

12. "Ora ana guna kang luwih utama saka shalat lan puasa.” (Tidak ada guna yang lebih utama dari shalat dan puasa.)

13. "Kudu waspodo ing atine.” (Harus waspada dalam hati.)

14. "Sabar lan teguh iku kunci saka keberhasilan ing puasa Ramadhan." (Sabar dan teguh adalah kunci kesuksesan dalam puasa Ramadhan.)

15. "Pudhak-sudhak tansah rawuh, minggu nyelup.” (Pahala akan terus datang, meskipun tersembunyi.)