Brilio.net - Dalam kehidupan keluarga, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya. Baik ayah ataupun ibu, keduanya memiliki kewajiban untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anaknya agar menjadi pribadi yang baik, tanggung jawab, dan dapat diandalkan.

Pentingnya seorang anak mengetahui kewajibannya dalam keluarga juga telah dibahas oleh ahli parenting bernama John Gottman dalam bukunya "Raising an Emotionally Intelligent Child". Dari penelitian yang ia lakukan, Gottman berpendapat bahwa seorang anak akan punya hubungan yang baik dengan orang tuanya jika ia paham akan tanggung jawabnya di rumah.

"Anak yang memiliki pemahaman yang baik tentang kewajibannya di rumah cenderung memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang tua dan kemampuan untuk bertanggung jawab lebih baik," kata salah satu kutipan dalam buku yang terbit 1998 dengan tebal 240 halaman tersebut.

Dengan demikian, orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan pengajaran kepada anak-anak mereka tentang kewajiban di dalam rumah. Hal ini tentu akan membantu membentuk karakter sang anak.

Jika sudah punya kepribadian baik di rumah, tak menutup kemungkinan sang anak akan menjadi pribadi yang baik, bertanggung jawab, serta dapat diandalkan di masyarakat. Semua itu dimulai dari keluarga, dan orang tua memegang peran utama dalam proses pendidikan dan pembimbingan anak-anak mereka.

Nah, untuk tahu lebih jauh tentang apa saja kewajiban anak di rumah, brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (2/2) akan mengulasnya lengkap lewat artikel berikut ini. Ini dia 10 kewajiban anak di rumah yang wajib diketahui dan penting dipahamkan sejak dini.

Kewajiban anak di rumah yang wajib diketahui.

Kewajiban anak di rumah yang wajib diketahui freepik.com

foto: freepik.com

1. Senantiasa menjaga kebersihan.

Membersihkan diri dan menjaga kebersihan pribadi adalah kewajiban yang paling penting saat di rumah. Orang tua wajib memahamkan kepada anaknya tentang pentingnya menjaga kebersihan. Setiap harinya sang anak memiliki kewajiban untuk mandi, sikat gigi, mencuci tangan, merapikan kamar, buang sampah pada tempatnya, dan membersihkan toilet setelah dipakai.

2. Membantu pekerjaan rumah tangga.

Sebagai anggota keluarga, sang anak tentu perlu diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai pekerjaan rumah tangga. Kegiatan membantu orang tua seperti merapikan tempat tidur, mencuci piring, mengepel lantai, serta membersihkan halaman, merupakan hal yang perlu diajarkan kepada sang anak.