Macam suggestion.

Dalam bahasa Inggris, nasihat mempunyai emapt istilah yang bisa digunakan yaitu advice, suggest, should, dan recommend. Berikut adalah pengertian empat istilah suggestion.

a. Advice (Nasehat) Advice merupakan nasihat yang diberikan untuk seseorang yang biasanya sedang melakukan kesalahan maupun sedang dalam kondisi biasa saja.

b. Suggest (Sugesti) Suggest merupakan masukan yang menyebutkan suatu ide, kemungkinan rencana, atau tindakan untuk dipertimbangkan orang lain. Suggest sendiri lebih bersifat kasual atau santai dalam penyampaiannya.

c. Should (Sebaiknya) Should merupakan kata yang dapat digunakan untuk mengekspresikan suatu tugas atau sesuatu yang memiliki keharusan untuk dilakukan (duty or obligation).

d. Recommend (Rekomendasi) Recommend merupakan istilah yang merujuk pada suatu saran atau anjuran dari seseorang terhadap orang lain. Recommend harus didasari sebuah pengalaman dari orang yang memberikannya serta harus mempunyai pengetahuan tentang apa yang akan rekomendasikan.

Accepting and Rejecting suggestion.

Ketika seseorang mendapatkan saran, rekomendasi, maupun nasihat, ada kalanya seseorang tersebut harus menentukan 2 pilihan, yaitu menerima saran (accept) atau menolak saran (Reject). Berikut adalah beberapa cara menerima dan menolak saran:

Accepting suggestion
a. Thank you for your advice/suggestion.
b. That’s a (good/great/brilliant/etc) idea.
c. Oh, I’ll do that, thank you.
d. You’re right.
e. Okay, I’ll try.

Rejecting suggestion
a. I don’t think that’s a good idea.
b. I can’t do that.
c. Do you have any other suggestions/advice?
d. I’m not sure about that.

10 Contoh kalimat asking dan giving suggestion bahasa Inggris berbagai sumber

foto: freepik.com