Brilio.net - Sekolah Dasar (SD) adalah tingkat pendidikan sekolah yang terbilang paling dasar. Pembentukan karakter, kepribadian, beserta daya pengetahuan, dipupuk sejak level ini agar kedepannya para siswa mampu memperoleh kemampuan yang jauh lebih baik. Sekolah dan guru memiliki peranan yang amat penting dalam seluruh proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dalam waktu 24 jam, para siswa dan guru menghabiskan lebih dari 6 jam waktu mereka untuk bertemu, bermain, belajar, dan juga menggali potensinya. Dengan lamanya durasi sekolah setiap harinya, para siswa memiliki hak-hak yang perlu dipenuhi oleh para guru beserta staf pengajar sekolah. Apakah kamu mengetahui apa saja hak siswa, khususnya di sekolah dasar, yang harus dipenuhi?

Hak-hak siswa tersebut melibatkan banyak aspek, seperti aspek pendidikan, kesehatan, kebebasan, pengakuan dan lain sebagainya. Sebagai seorang siswa, yang paling utama yakni mendapatkan pendidikan yang paling ideal terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Namun, dalam proses pembelajaran di luar kelas, baik yang diarahkan oleh para guru ataupun secara mandiri, para siswa juga memiliki hak-hak lain yang harus dipenuhi.

Seringkali karena siswa sekolah dasar dianggap masih belia, para siswa tidak dilibatkan dan tidak diberikan informasi memadai akan hak-hak mereka yang harusnya didapatkan. Lalu apakah hak para siswa sekolah dasar sudah terpenuhi? Berikut 10 contoh hak siswa di sekolah dasar yang harus diberikan, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (18/3).

Contoh hak siswa di sekolah dasar yang harus dipenuhi

contoh hak siswa di sekolah dasar © berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Hak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran yang ideal.

Contoh hak siswa di sekolah dasar yang harus diberikan adalah hak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran yang ideal. Sebagai siswa, pendidikan dan pengajaran ideal adalah prioritas tertinggi yang harus diberikan dan didapat oleh para seluruh civitas akademika, baik siswa maupun guru. Hal ini juga disebabkan karena siswa sekolah dasar adalah siswa dengan tingkat pendidikan paling dasar dan paling kompleks.

Pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang berkualitas dengan menyesuaikan dengan semua nilai dan kebutuhan yang dibutuhkan para siswa sekolah dasar. Materi serta penugasan yang diberikan haruslah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, serta disesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar yang efektif serta menyenangkan.

2. Hak untuk mendapatkan perlakuan adil dan setara.

Hak siswa sekolah dasar selanjutnya yakni memperoleh hak untuk mendapatkan perlakuan yang adil dan setara. Adil di sini yakni dimaksudkan adil dari berbagai aspek, seperti suku, agama, ras, gender, dan status-status lainnya. Berbagai hal tadi juga termasuk kedalam keadilan dan perlakuan setara walaupun dengan penampilan apapun itu, baik dari warna kulit, bentuk rambut, dan kekurangan kondisi fisik lainnya.

Semua siswa harus diberikan kesempatan untuk menimba ilmu dan berkembang secara sama tanpa pilih kasih ataupun memandang bulu. Guru dan siswa sama-sama mempunyai kewajiban untuk saling menghormati, saling menghargai, dan saling merangkul atas semua perbedaan yang ada baik secara nampak ataupun tidak nampak.

3. Hak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan diri.

Perlindungan serta keamanan siswa perlu diutamakan juga baik dalam lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah. Hak untuk mendapatkan keamanan ini haruslah melindungi segenap siswa dari ancaman praktik kekerasan, baik secara verbal ataupun non-verbal. Segala oknum yang melancarkan ancaman aksi kekerasan serta tindak kriminal terhadap para siswa sekolah dasar harus mendapatkan hukuman serius dan tegas dari pihak berwenang.

Para guru serta staf pengajar lain mengutamakan dalam menyediakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi para siswanya. Apabila terjadi aksi kekerasan antar siswa, guru haruslah berperan netral serta memiliki integritas tinggi dalam membela korban serta menindak pelaku agar tidak terjadi hal tersebut terulang kembali. Pelayanan perlindungan terhadap korban ataupun siapapun yang terlibat juga perlu disediakan para tenaga pengajar di lingkungan sekolah, terkhusus sekolah dasar.