Brilio.net - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengakui bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin melakukan latihan khusus jelang debat perdana. Jokowi dan Ma'ruf Amin akan menghadapi debat capres perdana yang mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme pada Kamis (17/1).

"Ya semua rehearsal adalah suatu kebutuhan, rehearsal itu latihan pendahuluan. Apalagi dalam situasi yang khusus ya, ini kan istilahnya khusus, karena kejadiannya jarang dan ada substansi atau materi materi yang memang disiapkan secara khusus, sehingga wajar siapapun akan melakukan itu, rehearsal namanya," kata Moeldoko di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/1).

Sejumlah pakar menurut Moeldoko juga menjadi mentor bagi pasangan Jokowi dan Ma'ruf. Salah satu pakar yang menjadi mentor adalah pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra yang juga menjadi pengacara pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Nah itu kan biasanya ada ahli ahli ya, ada ahli berkaitan dengan bagaimana berbicara, performance, bagaimana cara penyampaian, bagaimana cara menjawab, macam-macam. Ada pembidangan pembidangan, ada bidang yang khusus menangani substansi. Kalau di dalam konteks ini beliau (Yusril Ihza Mahendra) di bidang hukum," ungkap Moeldoko dikutip Antara.

Sementara pendalaman mengenai materi terorisme dan HAM juga sudah disiapkan oleh KSP. "Latihan pendahuluan sudah dilakukan, tadi sore Pak MA (Ma'ruf Amin) ya, kalau Pak Jokowi sudah siap," pungkas Moeldoko.

Loading...