Brilio.net - Nama Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin mendadak menjadi perbincangan terus menerus. Ya, sejak deklarasi pada Kamis (9/8) lalu, nama Sandiaga Uno keluar sebagai cawapres Prabowo Subianto. Sementara itu, nama Ma'ruf Amin sebagai cawapres dari Joko Widodo.

Pada 2019 mendatang merupakan tahun penuh pesta demokrasi. Pasalnya tak cuma Pemilihan Presiden (Pilpres) saja, melainkan juga Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) yang dilakukan secara serentak di berbagai wilayah di Indonesia.

Nah, sejak dideklarasikan siapa capres dan cawapres, tentu saja ada tahapan selanjutnya. Usai daftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (10/8) lalu, para capres dan cawapres diharuskan pemeriksaan kesehatan.

Baru-baru ini, harta kekayaan dari capres dan cawapres pun turut menjadi sorotan publik. Apalagi nih, para capres dan cawapres juga berasal dari latar belakang yang berbeda. Selain rumah dan aset lainnya, rupanya kendaraan yang dimiliki oleh Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin turut menjadi sorotan publik.

Berikut perbandingan koleksi kendaraan Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin yang brilio.net kutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang ada di situs KPK, Jumat (17/8).

Loading...

1. Sandiaga Uno.

Seperti yang sudah diketahui, sebelum terjun ke dunia politik Sandiaga Uno merupakan seorang pengusaha sukses. Ia memiliki bisnis di berbagai bidang. Tak heran bila ia memiliki kekayaan yang cukup melimpah.

Salah satu harta yang dilaporkan berupa kendaraan. Sandi melaporkan memiliki dua kendaraan dengan total nilai Rp 325 juta. Berdasarkan data LHKPN, berikut koleksi kendaraan Sandiaga Uno.

- Nissan Grand Livina, mobil ini dibuat pada tahun 2013 dengan nilai jual Rp 100 juta.

- Nissan X-Trail, mobil pembuatan tahun 2015 ini memiliki nilai jual Rp 225 juta.

2. Ma'ruf Amin.

Di dunia politik, Ma'ruf Amin memang lebih senior dibandingkan Sandiaga Uno. Ma'ruf Amin diketahui pernah menjadi anggota DPRD, DPR dan juga MPR RI. Di samping itu, ulama satu ini juga menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) sebelum ditunjuk menjadi cawapres Jokowi. Prof KH Ma'ruf Amin juga merupakan Rais 'Aam Syuriah pada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Ketua Majelis Ulama Indonesia.

Berdasarkan data LHKPN, berikut koleksi kendaraan Ma'ruf Amin.

- Toyota Alphard 2.5 G AT tahun 2018 yang nilainya sekitar Rp 1,1 miliar.

- Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4x2 AT tahun 2017 yang nilainya sekitar Rp 527 juta.