Brilio.net - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera merampungkan proses penghitungan suara Pemilu 2019. Zulkifli juga meminta KPU mengunggah kertas rekapitulasi suara atau C1 di penghitungan suara di website resmi.
 
"Saya mengimbau kepada KPU untuk segera mempercepat proses ini, hitungannya ini, agar kepastian bisa didapat sesegera mungkin. Bila perlu di website KPU itu bisa ditampilkan perhitungan dan C1," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilansir brilio.net dari merdeka.com, Kamis (18/4).

Zulkifli mengungkap, alasan perlunya mengunggah C1 di website resmi KPU. Salah satunya agar pemilu 2019 berlangsung dengan jujur dan adil. "Saya kira itu bisa dilakukan sehingga betul-betul bisa transparan jujur, fair, adil, terbuka. Sehingga hasilnya bisa legitimate dan dipercaya oleh masyarakat luas," ujarnya.

Meski begitu, Ketua Umum PAN ini berharap, semua pihak tetap bersabar menunggu hasil penghitungan suara resmi dari KPU. Sebab, kata dia, hasil yang akan diakui adalah penghitungan dari KPU dan bukan hasil dari penghitungan cepat atau quick count.

"Oleh karena itu kita tunggu, kita bersabar, demokrasi itu memerlukan kesabaran. Kita tunggu hasil KPU, nanti hasil real count hasil perhitungan manual yang akan diumumkan," ujarnya.