Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya untuk Pilpres 2019. Keputusan itu sudah dipertimbangkan secara mendalam dan melalui persetujuan partai politik koalisi.

Namun, banyak pertanyaan publik muncul mengenai alasan di balik keputusan tersebut. Pasalnya, Mahfud MD sempat menguat namanya menjadi cawapres Jokowi.

Jokowi menyatakan dengan lugas pertimbangannya memilih ketua MUI itu. Ada rekam jejak panjang yang membuat Ma'rud Amin layak mendampinginya.

"Mungkin ada pertanyaaan, mengapa Profesor Doktor Ma'ruf Amin? Ma'ruf Amin yang lahir di Tangerang adalah okoh agama, legislatif DPRD, DPR, MPR RI, Watimpres, Rais Am PBNU dan ketua MUI. Dalam kaitannya dengan kebhinekaan, Kiai Haji Ma'ruf Amin juga sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Demikian yang bisa saya sampaikan," kata Jokowi di Jakarta, Kamis (9/8).

Deklarasi Jokowi dan Ma'ruf Amin direncanakan pada Jumat (9/8) di Monumen Proklamasi. Seluruh partai politik pendukung dan relawan dipastikan siap mengawal.

Loading...