Brilio.net - Siapa yang nggak kenal Zulkifli Hasan? Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini sosoknya kerap menghiasi layar kaca. Sebelum dilantik jadi ketua MPR, ia pernah menjadi Menteri Kehutanan di era Susilo Bambang Yudhoyono.

Pria asal Lampung ini memang sudah berkecimpung di dunia politik sejak tahun 2000-an. Tak hanya Zulkifli saja, rupanya adik-adiknya juga memiliki ketertarikan yang sama terjun di dunia politik.

Namun sayangnya, belum lama ini tiga adiknya, yakni Zainuddin Hasan menjabat sebagai Bupati Lampung Selatan, M. Hazizi yang anggota DPRD Lampung 2014-2019, dan Helmi Hasan selaku Wali Kota Bengkulu dikabarkan terjerat kasus hukum.

Seperti dilansir dari Liputan6, usai mengetahui salah satu adiknya diciduk KPK, Zulkifli seolah tak dapat menahan kekecewaannya.

"Sebagai kakak tertua, wakil orangtua, kami sangat prihatin dan sedih atas musibah yang terjadi. Kami sejak kecil dididik untuk selalu bekerja keras dan berbuat jujur. Peristiwa ini menjadi ujian bagi keluarga kami," ungkapnya.

Berikut brilio.net himpun kasus yang pernah menimpa adik-adik Zulkifli Hasan, Jumat (27/7).

1. Zainudin Hasan - Bupati Lampung Selatan.

 dinasti zulkifli © 2018 brilio.net

foto: liputan6.com

KPK mengamankan sebanyak 12 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Lampung. Dari 12 orang yang ditangkap, terdapat anggota DPRD, pihak swasta, dan Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan. Zainudin ditangkap atas dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Lampung Tengah. KPK mengamakan uang Rp 700 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.


2. M Hazizi - anggota DPR Lampung 2014-2019

Dinasti keluarga Hasan © 2018 brilio.net

M Hazizi pernah duduk di kursi DPRD Lampung 2014-2019. Sayangnya pada tahun 2017 silam, Hazizi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan terkait uang setoran proyek senilai Rp 14 miliar. Sebelumnya Hazizi dilaporkan ke Polresta Bandar Lampung karena telah melakukan penipuan terhadap almahrum Syahrudding yang merupakan seorang kontraktor.


3. Helmi Hasan - Walikota Bengkulu.

 dinasti zulkifli © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Pada 2015 lalu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Wakil Walikota Patriana Sosialinda, Ketua DPRD Kota Bengkulu periode 2009-2014 Sawaludin Simbolon, Wakil Ketua DPRD Irman Sawiran, dan beberapa pejabat lainnya pernah terseret kasus korupsi. Helmi ditetapkan sebagai tersangka atas korupsi dana bansos tahun 2012 dan 2013 sebesar Rp 11,4 miliar oleh tim penyidik Kejaksaan Negeri Bengkulu.

Namun selang beberapa bulan kemudian, seperti dilansir dari merdeka.com, Helmi yang berstatus sebagai tersangka menang dalam putusan praperadilan. "Iya, kemarin putusannya (praperadilan yang dimenangkankan Helmi)," kata Kepala Kejaksaan Negeri (kajari) Bengkulu.