×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Isu seputar debat capres ini malah kaburkan inti materi debat

View Image

0

BRILIO » Politik

6 Isu seputar debat capres ini malah kaburkan inti materi debat

Isu out of context ini membawa masing pendukung ke dalam perdebatan yang jauh dari isi materi debat.

18 / 02 / 2019 17:01

Brilio.net - Debat capres 2019 putaran kedua digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/2). Baik capres nomor urut 01 maupun capres nomor urut 02 saling menyampaikan visi misi mereka dalam bidang Infrastruktur, Pangan, Energi, Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam. Secara keseluruhan, debat capres kali ini juga berjalan dengan lancar.

Debat capres merupakan agenda yang selalu ada jelang pemilihan umum. Selain untuk memaparkan visi misi masing-masing kandidat, debat capres juga akan memberikan gambaran mengenai solusi yang ditawarkan atas permasalahan dalam masyarakat. Dengan begitu, masing-masing masyarakat dapat menentukan pilihan yang paling dekat sesuai dengan pandangan mereka.

Setiap agenda debat, selalu mengundang berbagai reaksi atau memunculkan isu-isu menarik di kalangan pendukung kedua paslon. Bahkan, seringkali isu yang muncul setelah perdebatan antar kandidat ini justru di luar konteks debat itu sendiri. Alih-alih memperbincangkan inti materi debat, isu out of context ini membawa masing-masing pendukung ke dalam perdebatan baru yang mengaburkan pokok materi yang disampaikan.

Sejak agenda debat perdana hingga debat kedua ini, berbagai isu muncul mewarnai presentasi masing-masing calon. Isu-isu ini seolah lebih populer dibandingkan dengan inti materi debat itu sendiri.

Nah, isu di luar konteks apa saja sih yang mewarnai debat capres ini? Berikut dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (18/2), 6 isu yang mengaburkan inti materi debat capres 2019.

Loading...

1. Earpiece dan pulpen Jokowi.

isu mewarnai debat © 2019 berbagai sumber

foto: merdeka.com

Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo diterpa isu tak sedap usai debat capres jilid dua. Dirinya diisukan menggunakan alat bantu dengar atau earpiece dan juga pulpen khusus sebagai alat bantu debat. Kendati demikian, isu ini langsung ditepis oleh Jokowi dan juga Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding.

Seperti dikutip dari liputan6.com, Jokowi membantah menggunakan earpiece maupun pulpen khusus untuk debat kedua ini. "Ada-ada aja sih ini. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusin lah. Jangan buat isu, fitnah-fitnah yang enggak bermutu," terang Jokowi.

"Ini Pulpen.Cek aja," ungkap Jokowi sambil menunjuk pulpen yang dibawanya.

Sementara itu, Abdul Kadir Karding juga memberikan kesaksian bahwa tak ada pemasangan alat apa pun di tubuh petahana. "Saya menyaksikan bahwa tidak ada sama sekali pemasangan alat di tubuh Pak Jokowi berupa earphone, dan pulpen yang dibawa itu adalah pulpen biasa bukan pulpen yang seperti dinarasikan BPN (Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga) di medsos-medsos," ujar Karding.

Sebelumnya, isu Jokowi mengenakan alat bantu untuk debat ini memang menjadi perbincangan hangat di media sosial.

2. Ekspresi wajah Jokowi.

Salah satu momen paling diingat dari debat capres kedua adalah ekspresi wajah Jokowi. Beberapa kali, calon presiden nomor urut 01 ini tersorot kamera tengah memasang ekspresi kocak. Tak pelak, ekspresi Jokowi ini menjadi perbincangan di media sosial terutama Twitter. Banyak cuitan hingga meme yang muncul terkait ekspresi wajah Jokowi tersebut.

Dalam agenda debat kedua, beberapa pernyataan Prabowo memang disambut ekspresi tak biasa oleh Jokowi. Sementara itu, warganet begitu jeli dalam menangkap ekspresi tersebut dan memviralkannya di media sosial.

3. Rambut moderator debat.

Tak hanya penampilan capres dan cawapres saja yang jadi sorotan selama debat,ternyata penampilan moderator juga jadi perbincangan warganet. Dalam debat kedua ini, warganet justru salah fokus dengan warna rambut Anisha Dasuki saat menjadi moderator debat.

Anisha Dasuki yang menjadi partner Tommy Tjokro terlihat tampil dengan rambut merahnya yang terurai. Warna rambut yang cukup nyentrik ini tak pelak bikin warganet membicarakannya. Bahkan ada yang menyamakan warna rambut Anisha dengan personel girlband asal Korea yakni Jisoo Blackpink.

4. Kertas contekan.

isu mewarnai debat © 2019 berbagai sumber

foto: merdeka.com

Pada debat perdana capres 2019, beberapa gestur dari masing-masing paslon menjadi perhatian warganet, hingga diperbincangkan luas di dunia maya. Salah satu yang menjadi perbincangan adalah gestur paslon Jokowi-Ma'ruf saat menjawab pertanyaan dalam debat. Beberapa kali, Jokowi-Ma'ruf menampilkan gestur melihat catatan kecil yang mereka bawa dalam debat.

Saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh paslon nomor urut 02, Jokowi-Ma'ruf terlihat sesekali melirik catatan tersebut. Hal ini kemudian memunculkan isu bahwa paslon nomor urut 01 membawa contekan dalam debat tersebut. Banyak dari warganet yang beranggapan bahwa gestur tersebut merupakan bagian dari melihat contekan yang dilakukan oleh Jokowi-Ma'ruf.

5. Ketegasan Ira Koesno.

isu mewarnai debat © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@irakoesnocom

Ira Koesno memang selalu mencuri perhatian publik saat menjadi moderator debat. Wanita cantik ini selalu menampilkan ketegasannya kepada dua paslon yang tengah berdebat, terutama soal mengingatkan durasi waktu dan mengingatkan masing-masing pendukung untuk tetap kondusif selama debat berlangsung.

Di dunia maya, cuitan soal Ira Koesno bahkan menjadi viral dan trending lho. Sebelumnya, Ira Koesno memang telah berpengalaman sebagai moderator debat. Dirinya pernah tampil menjadi moderator debat Pilgub DKI 2017. Penampilan Ira Koesno sebagai moderator debat ini bisa membuat warganet salah fokus.

6. Joget Prabowo.

isu mewarnai debat © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@sealogistician

Tak hanya gestur Jokowi-Ma'ruf yang jadi sorotan dalam debat perdana capres 2019. Pasalnya, capres nomor urut 02, Prabowo Subianto juga mengeluarkan gestur yang menarik di akhir-akhir debat tersebut. Saat Jokowi menyinggung soal caleg mantan napi kasus korupsi yang didaftarkan oleh Prabowo, dirinya langsung ingin menanggapi hal tersebut.

Kendati demikian, moderator meminta Prabowo untuk menunggu pernyataan dari paslon nomor urut 01 selesai disampaikan. Menariknya, saat menunggu pernyataan Jokowi selesai, Prabowo justru melakukan tarian seperti tari Jaipong. Gestur yang ditampilkan Prabowo ini tak luput dari sorot kamera dan membuatnya menjadi perbincangan hangat di dunia maya.

Sejumlah cuitan maupun meme soal gestur Prabowo tersebut bertebaran di linimasa media sosial.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more