Brilio.net - Saat menjadi Wali Kota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) memang suka membuat terobosan yang simpel namun bermakna dan berkesan bagi masyarakat. Blusukan dan diplomasi meja makan adalah beberapa terobosan simpel ala Jokowi yang bisa dibilang efektif serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya.

Sekarang Presiden Jokowi juga masih kerap melakukan berbagai terobosan sederhana. Kamu nggak percaya? Berikut 7 terobosan simpel ala Jokowi dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/3). Presiden-presiden terdahulu sepertinya belum pernah melakukan apa yang dilakukan Jokowi ini.

1. Naik pesawat di kelas Ekonomi.

Terobosan Jokowi © 2017 Istimewa

foto : YouTube.com

Pada saat menghadiri wisuda Kaesang Pangarep di Singapura pada 2014 lalu, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana naik pesawat komersial Garuda Indonesia di kelas ekonomi. Ia mengatakan ke Singapura dalam rangka urusan pribadi sehingga tak memakai fasilitas negara.

2. Membuat vlog di YouTube.

Terobosan Jokowi © 2017 Istimewa

foto : YouTube.com

Seakan nggak mau kalah hits dengan putra bungsunya, Kaesang yang aktif nge-vlog di YouTube, Presiden Indonesia ketujuh tersebut juga membuat vlog di YouTube. Salah satu yang paling oke ketika merekam kebersamaannya dengan Raja Salman dari Arab Saudi ketika jamuan makan siang di Istana Bogor beberapa waktu lalu.

3. Membuat kuis online berhadiah sepeda.

Terobosan Jokowi © 2017 Istimewa

foto : facebook.com/Jokowi

Saat kunjungan ke berbagai tempat, Presiden Jokowi sering mengadakan kuis interaktif yang berhadiah sepeda. Kini, ia mengadakan kuis online yang juga berhadiah sepeda. Siapa mau ikut serta?

4. Memelihara kambing di Istana.

Terobosan Jokowi © 2017 Istimewa

foto : YouTube.com

Memelihara berbagai binatang adalah salah satu hobi ayah tiga putra ini. Tak disangka, ternyata ia memelihara kambing di Istana. Hal itu terungkap dalam sebuah video di vlog-nya yang mengungkap kelahiran anak kambing beberapa waktu lalu.

5. Membangun pos perbatasan yang megah.

Terobosan Jokowi © 2017 Istimewa

foto : facebook.com/Jokowi

Sebagai teras depan bangsa, Jokowi mengaku malu dengan keadaan beberapa pos perbatasan yang kumuh. Jokowi meminta perbatasan negara dibikin bangunan yang bagus dan membanggakan.

"Robohkan! Dan saya minta maksimal dua tahun gedung-gedung PLBN itu harus selesai, dengan kualitas minimal dua kali lebih baik dari negara tetangga," ujar Presiden Jokowi.

6. Bekerja sama dengan Korea Selatan dalam bidang seni dan ekonomi kreatif.

Terobosan Jokowi © 2017 Istimewa

foto : Merdeka.com

K-pop yang mendunia dijadikan Presiden Jokowi untuk belajar mempromosikan seni hiburan dan budaya ke pasar internasional. Maka dari itu Jokowi tak malu menimba ilmu dari Korea Selatan.

7. Membuka banyak pelabuhan baru untuk mendukung program tol laut.

Terobosan Jokowi © 2017 Istimewa

foto : seknasjokowi

Saat dilantik, salah satu program Jokowi yang menyita perhatian adalah Tol Laut. Bukan tol yang dibangun di atas laut tapi keterhubungan antar pelabuhan untuk mendukung proses distribusi barang hingga ke pelosok.