Tak mentereng di klub, pemain Meksiko ini selalu hebat di Piala Dunia

Tak mentereng di klub, pemain Meksiko ini selalu hebat di Piala Dunia

Brilio.net - Tinggal 16 hari lagi gelaran Piala Dunia 2022 dimulai di Qatar. Tepatnya pada 20 November mendatang, Piala Dunia 2022 akan dibuka pertandingan tuan rumah Qatar vs Ekuador.

Namun, salah satu yang bisa ditunggu dalam gelaran ini adalah penampilan kiper timnas Meksiko yakni Guillermo Ochoa. Dirinya akan segera melakoni penampilan Piala Dunia yang keempat sejak dipanggil Timnas Meksiko pada 2006, 2010, dan 2014.

Tak mentereng di klub, pemain Meksiko ini selalu hebat di Piala Dunia

foto: Twitter/@WorIdUpdates

Guillermo Ochoa adalah pemain senior. Usianya kini sudah menginjak 37 tahun. Di level klub, dirinya punya catatan bermain untuk Club America, San Luis, Ajaccio, Malaga, Granada, dan Standard Liege. Uniknya dirinya tak pernah bermain di klub yang cukup mentereng sepanjang kariernya. Namun, Ochoa selalu dapat tempat di timnas Meksiko.

Tapi hebatnya, di panggung internasional bersama timnas Meksiko, Ochoa justru sangat berbeda. Ochoa adalah telah melakukan debutnya dengan Meksiko pada tahun 2005. Ochoa mencatatkan penampilan sejauh ini sebanyak 130 kali.

Dia dipanggil ke skuad Piala Dunia 2006 dan 2010 tetapi tidak tampil. Tapi di edisi 2014 dan 2018, Ochoa telah menjadi bintang saat mampu menampilkan aksi-aksi luar biasa sebagai penjaga gawang.

Tak mentereng di klub, pemain Meksiko ini selalu hebat di Piala Dunia

foto: Twitter/@Squawka

Pada tahun 2014, Ochoa dinobatkan man of the match saat pertandingan saat melawan tuan rumah Brasil. Dirinya melakukan salah satu penyelamatan terbaik dalam sejarah Piala Dunia untuk menggagalkan upaya Neymar.

Alumni akademi Santos itu mampu menepis dengan tangan kanannya sebuah sundulan tajam yang terlihat mengarah ke sudut gawangnya. Penyelamatan menakjubkan itu bahkan dinilai legenda Brasil, Pele, lebih hebat dibandingkan dengan yang dilakukan Gordon Banks untuk menghentikannya mencetak gol pada tahun 1970 silam.

Ochoa kemudian kembali jadi man of the match berkat penampilan hebat lainnya dalam kekalahan melawan Belanda di babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Saat 2018 di Rusia, Ochoa kembali memperlihatkan aksinya. Dirinya membuat total 25 penyelamatan hebat dalam empat pertandingan. Jumlah tersebut hanya kalah dari kiper Belgia, Thibaut Courtois yang membuat lebih banyak di turnamen itu secara keseluruhan.

Tak mentereng di klub, pemain Meksiko ini selalu hebat di Piala Dunia

foto: Twitter/@Football__Tweet

Pada Piala Dunia 2022 mendatang, Ochoa akan berangkat dari klub entah-berantah, menuju panggung megah bersama Meksiko untuk menjaga gawang tim ini.

Timnas Meksiko sendiri berada di Grup C bersama Argentina, Polandia, dan Arab Saudi. Menarik, Apakah Guillermo Ochoa akan kembali menampilkan aksi "ninjanya" di negeri Timur-tengah ini?

(brl/pep)