Rene Higuita, kiper nyeleneh di Piala Dunia dengan gaya kalajengking

Rene Higuita, kiper nyeleneh di Piala Dunia dengan gaya kalajengking

Rene Higuita sering kali meninggalkan gawangnya sendiri untuk ikut membangun serangan.

Hal tersebut tentu sangat beresiko mengingat Rene Higuita sering kali meninggalkan gawangnya sendiri untuk ikut membangun serangan.

Salah satu momen apesnya adalah ketika Piala Dunia 1990. Kolombia saat itu berhadapan dengan timnas Kamerun. Pada satu momen bola terlempar sampai ke lini belakang pertahanan Kolombia. Melihat bola mendekat ke arah belakang, Rene Higuita langsung menyambut bola tersebut dan hendak menggiring kembali ke wilayah timnas Kamerun.

Namun, memang dasar kepedean. Bola yang digiring Higuita berhasil dihentikan oleh oleh penyerang Kamerun saat itu, Roger Milla. Bola itu berhasil direbut Millah dan langsung dilesakkan ke arah gawang Kolombia. Gol yang terjadi babak perpanjangan waktu tersebut akhirnya membuat Kolombia tersingkir dari babak 16 besar.

Karena gaya permainan "sweeper-keeper" yang berisiko tinggi dan bakatnya di lapangan sepak bola, ia dijuluki El Loco (Si Gila) oleh rekan satu tim sepak bolanya.

Tendangan Kalajengking

Tendangan kalajengking Rene Higuita adalah salah satu fenomena yang terus diingat sepanjang sejarah sepak bola. Stadion Wembley menjadi tempat terjadinya pertandingan persahabatan antara Inggris dan Kolombia pada tahun 1995. Higuita saat itu hendak menghentikan tendangan melengkung dari gelandang Inggris Jamie Redknapp.

Rene Higuita, kiper nyeleneh di Piala Dunia dengan gaya kalajengking

foto: Twitter/@goleardororg

Alih-alih menangkapnya, dia mengayunkan kakinya ke depan dan menendangnya dengan tumitnya. Belakangan, Higuita mengaku kalau gerakan kalajengking itu merupakan gerakan yang ia latih sejak lama. Namun ia baru punya kesempatan mempraktekkannya pada pertandingan melawan Inggris saat itu.

Rene Higuita tingginya hanya 175cm, ukuran tinggi tubuh yang cukup kecil seorang penjaga gawang. Namun, terlepas dari perawakannya yang kecil, dia luar biasa atletis, gerakannya yang begitu lentur membuatnya banyak penyelamatan yang masih dibicarakan sampai sekarang.

Sebagai seorang sweeper-keeper, Higuita tidak pernah takut menyerang atau mengejar penyerang. Sebaliknya, tidak jarang dia menghadapi pemain bertahan atau menjegal penyerang di luar kotak, termasuk saat dia menggiring bola kembali ke dalam sehingga dia bisa mengambilnya.

Baik untuk klub maupun negaranya, ia juga mahir dalam mengambil penalti dan tendangan bebas. Akibatnya, Ren Higuita memiliki statistik pencetak gol yang mirip dengan seorang gelandang, menjadikannya salah satu kiper dengan pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Rene Higuita, kiper nyeleneh di Piala Dunia dengan gaya kalajengking

foto: Twitter/@simocorne

Meskipun ia hanya mencetak tiga gol untuk tim Kolombia, termasuk satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 atas Venezuela di Copa America, ia mencetak 41 gol dalam 380 pertandingan klub, yang sebagian besar dimainkan di liga Kolombia. Dia berada di urutan kelima dalam daftar kiper pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Rene Higuita membuat debut sepak bola profesionalnya pada tahun 1985 dan memainkan pertandingan terakhirnya pada tahun 2010. Dia tidak pernah kekurangan tawaran sampai ia pensiun karena statusnya yang legendaris di Kolombia. Sampai usia 41 tahun pada 2008, ia menandatangani kontrak di tim divisi dua Kolombia Deportivo Rionegro sebelum pindah ke Deportivo Pereira di divisi pertama Kolombia.

Profil Lengkap Rene Higuita

Nama Lengkap: Jos Ren Higuita Zapata
Tanggal lahir: 27/08/1966
Tempat Lahir: Medellin, Kolombia

Karir Bermain :
foto: historyofsoccer.info

Klub:
Millonarios - 1985
Atltico Nacional - 19861992
Real Valladolid - 1992
Atltico Nacional - 19931997
Veracruz - 19971998
Independiente Medelln - 19992000
Real Cartagena - 20002001
Atltico Junior - 20012002
Deportivo Pereira - 20022003
Aucas - 2004
Guaros FC - 2007
Deportivo Rionegro - 2008
Deportivo Pereira - 20082009

Total: 380 penampilan, 41 gol

Tim Nasional:

20082009 Timnas Kolombia (68 Penampilan, 3 gol)



(brl/far)