Banjir gol, ini daftar pertandingan skor terbanyak di Piala Dunia

Banjir gol, ini daftar pertandingan skor terbanyak di Piala Dunia

Piala Dunia 1974; Yugoslavia 9-0 Zaire.

2. Piala Dunia 1974; Yugoslavia 9-0 Zaire.

Dua dekade kemudian, ada Yugoslavia menyamai rekor skor Hungaria itu melawan debutan di Piala Dunia yakni timnas Zaire.

Tim Eropa Timur ini mencetak tiga gol dalam 20 babak pertama. Zaire sempat melakukan pergantian kiper. Namun hal itu sama sekali tidak membantu, karena Zaire akhirnya kebobolan enam gol lagi. Saat itu 6-0 di babak pertama, lalu 9-0 di waktu penuh.

3. Piala Dunia 1958; Prancis 6-3 Jerman Barat.

Banjir gol, ini daftar pertandingan skor terbanyak di Piala Dunia

foto: Twitter/@FIFAWorldCup

Jerman Barat adalah juara bertahan saat tampil di Piala Dunia 1958. Namun saat itu Jerman harus terhenti oleh tuan rumah Swedia di partai semifinal.

Saat bertemu dengan timnas Prancis di perebutan juara ketiga, mereka harus puas kembali dihancurkan oleh tim ayam jantan dengan skor 6-3. Striker Prancis, Just Fontaine yang berhasil mencetak 4 gol sekaligus di pertandingan tersebut.

4. Piala Dunia 1954; Jerman Barat 7-2 Turki.

Jerman Barat dan Turki harus bertanding di babak play-off untuk menentukan siapa yang akan lolos ke grup dua Piala Dunia FIFA 1954.

Kedua tim memiliki poin yang sama. Di pertandingan itu, Jerman berhasil mencukur Turki dengan skor 7-2. Maximilian Morlock mencetak hattrick untuk Jerman. Padahal sebelumnya Jerman baru saja dihantam oleh Hungaria dengan skor 8-3.

5. Piala Dunia 1930; Argentina 6-3 Meksiko.

Banjir gol, ini daftar pertandingan skor terbanyak di Piala Dunia

foto: Twitter/@liberofutebol

Pada Piala Dunia pertama di Uruguay pada tahun 1930, Argentina bertemu Meksiko di babak grup turnamen. Pertandingan itu penuh dengan gol dengan sembilan gol dicetak secara keseluruhan saat Argentina menang 6-3 atas Uruguay.

6. Piala Dunia 1958; Prancis 7-3 Paraguay.

Musim panas tahun 1958 adalah milik Pele, tetapi Piala Dunia itu didominasi oleh penyerang Prancis Just Fontaine, yang mencetak rekor gol terbanyak oleh satu pemain di turnamen Piala Dunia.

Penyerang itu mencetak 13 gol di turnamen tersebut. Sebuah rekor yang belum bisa ditandingi. Meskipun hanya memainkan satu Piala Dunia sepanjang kariernya, Fontaine mampu menorehkan rekor sepanjang masa. Sebagian dari golnya dicetak dalam kemenangan Prancis 7-3 atas Paraguay.

7. Piala dunia 1982; Hungaria 10-1 El Salvador.

Banjir gol, ini daftar pertandingan skor terbanyak di Piala Dunia

foto: Twitter/@OldFootball11

Pada Piala Dunia 1982 di Spanyol, Hungaria menjadi satu-satunya tim dalam sejarah turnamen yang mencetak sepuluh gol dalam satu pertandingan final.

Itu terjadi saat mereka melawan timnas El Salvador dengan skor fantastis 10-1. Namun, kemenangan itu sia-sia karena Hungaria tersingkir di babak pertama turnamen.

8. Piala Dunia 1954; Hungaria 8-3 Jerman Barat.

Pada saat Piala Dunia 1954, Hongaria dianggap tim yang begitu ganas dan tak kenal ampun pada lawan-lawannya. Pertunjukan pertama keganasan Hungaria terjadi di babak penyisihan grup, di mana mereka mengalahkan Jerman Barat dengan skor telak 8-3.

9. Piala Dunia 1938; Brasil 6-5 Polandia.

Banjir gol, ini daftar pertandingan skor terbanyak di Piala Dunia

foto: Twitter/@FIFAWorldCup

Pada tahun 1938, Brasil bertemu dengan wakil Eropa yakin Polandia. Tim Samba yang kala itu diperkuat oleh legenda mereka, Leonidas Da Silva berhasil mempermalukan Polandia dengan kemenangan besar 6-5.

10. Piala Dunia 1954; Austria 7-5 Swiss.

Hanya satu pertandingan dalam sejarah yang memiliki total 12 gol di Piala Dunia. Hal itu menjadikan pertandingan tersebut jadi pertandingan dengan skor tertinggi dalam sejarah Piala Dunia. rekor itu terjadi di Piala Dunia tahun 1954 saat Austria mencetak tujuh gol mengalahkan tuan rumah Swiss.

Tuan rumah Swiss sendiri hanya bisa membalas 5 yang membuat mereka harus dipermalukan di rumah sendiri oleh tetangganya, Austria.

(brl/far)